Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pesantren Perlu Perhatikan Dua Hal Penting di Era Digital

Pesantren Perlu Perhatikan Dua Hal Penting di Era Digital
Literasi Digital yang diadakan PW LTNNU Jatim, Selasa (26/07/2022). (Foto: NOJ/ Charline Margia)
Literasi Digital yang diadakan PW LTNNU Jatim, Selasa (26/07/2022). (Foto: NOJ/ Charline Margia)

Surabaya, NU Online Jatim

Setidaknya, pesantren memiliki dua tugas penting dalam menghadapi era digital guna menjaga turats (buku-buku warisan atau peninggalan ulama klasik atau terdahulu), yaitu meneliti dan membandingkan naskah yang tercetak dengan manuskrip.


Demikian ini disampaikan KH Imam Ghozali Said dalam acara Literasi Digital: Strategi Turots Pesantren Beradaptasi dengan Ekosistem Digital di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Selasa (26/07/2022).


“Jadi untuk Indonesia, untuk pesantren, itu ada dua kerjaan, menurut saya. Pertama adalah meneliti yang sudah tercetak, kemudian membandingkan yang tercetak dengan yang masih manuskrip dan itu adalah karya takhqiq,” kata Pengasuh Pondok...

Baca selengkapnya di https://jatim.nu.or.id/metropolis/era-digital-pesantren-perlu-perhatikan-dua-hal-penting-ini-vuPu7


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Jatim Lainnya

Terpopuler Jatim

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×