Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

8 Gelas Air Putih Sehari Bisa Bikin Kulit Glowing, Lho!

8 Gelas Air Putih Sehari Bisa Bikin Kulit Glowing, Lho!
8 Gelas Air Putih Sehari Bisa Bikin Kulit Glowing.
8 Gelas Air Putih Sehari Bisa Bikin Kulit Glowing.

Jakarta, NU Online
Konsumsi air putih secara rutin, minimal 8 gelas (ukuran 230 ml atau setara 2 liter) sehari untuk orang dewasa sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Pasalnya, ada banyak manfaat minum air putih yang berguna untuk kesehatan tubuh, salah satunya menyehatkan sekaligus membuat kulit glowing (bersinar).

 

Hal itu dibenarkan Ahli Gizi RSUD Kraton, Pekalongan, Zidna Akmala Dewi, yang menjelaskan bahwa bukan cuma untuk kesehatan, minum air putih yang cukup juga berguna bagi perawatan kulit.

 

“Kekurangan cairan tubuh menyebabkan kulit kering. Minum air putih ini dapat membuat kulit lebih terhidrasi dan terjaga kelembabannya,” jelas Zidna, Senin (5/9/2022).

 

Khasiat selanjutnya, terang dia, air putih berguna untuk menambah cairan dalam tubuh dan menghilangkan racun di kulit, sehingga membantu kulit tetap ternutrisi. Kulit menjadi lebih lembab.

 

“Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit dan membuat kulit tampak segar. Air putih membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh sehingga membuat kulit lembab dan halus,” terangnya.

 

Mencukupi kebutuhan air setiap hari, lanjut Zidna, dapat mengurangi gangguan kulit, seperti keriput dan penuaan dini. Selain itu, air putih berguna untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan agar racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar.

 

“Sejauh ini kan yang kita tahu dan sering rasakan, jika kekurangan minum air putih biasanya suka sembelit, tidak fokus, dan kulit merasa kering.  Maka di sinilah pentingnya memenuhi kebutuhan air bagi tubuh kita,” jelas dia.

 

Bagi Anda yang mengalami kulit kering, Zidna menyarankan untuk segera memperbaiki pola hidup sehat dengan meningkatkan konsumsi air putih harian. Melihat dari banyaknya manfaat air putih untuk tubuh maka tak ada salahnya jika kita mulai mengamalkan kebiasaan baik tersebut.

 

“Tapi perlu juga diimbangi dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat,” jelas dia.

 

Kendati demikian, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, rekomendasi konsumsi air putih untuk anak-anak usia 7–9 tahun yatu 1.900 ml per hari, remaja usia 16–18 tahun membutuhan air 2.200 ml per hari, dan orang dewasa rentang usia 30-49 tahun membutuhkan air sekitar 2.600 ml per hari.

 

Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×