Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

162 Orang Meninggal akibat Gempa Cianjur, Berikut Saluran Donasi LAZISNU

162 Orang Meninggal akibat Gempa Cianjur, Berikut Saluran Donasi LAZISNU
Suasana penanganan korban di depan sebuah perkantoran di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (Foto: Istimewa)
Suasana penanganan korban di depan sebuah perkantoran di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Sebanyak 162 orang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Demikian rilis yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur yang diterima NU Online, Senin (21/11/2022).


Angka tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan hingga pukul 20.00 WIB. Selain itu, bencana gempa bumi juga menyebabkan 326 orang luka-luka. Sementara 13.784 orang harus mengungsi.


Di bidang insfrastruktur, gempa bumi mengakibatkan 2.345 unit bangunan mengalami kerusakan. Gempa juga menyebabkan titik longsor Jalan Nasional Tapal Kuda Cugenang, Jalan Kabupaten Desa Cijedil, serta dua jembatan rusak.


Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU Qohari Cholil mengatakan LAZISNU PBNU menyatakan ikut prihatin dengan musibah tersebut.


"Kita semua sebagai bagian dari bangsa Indonesia, turut prihatin dengan musibah yang tidak diharapkan. Dampak bencana ini membutuhkan perhatian kita bersama," kata Qohari.


Qohari menyatakan LAZISNU PBNU bersama LPBINU akan segera turun menyalurkan bantuan dan melakukan asesmen lanjutan.


"Kami sudah melakukan koordinasi secara virtual untuk mengetahui kondisi lapangan. LPBINU, LAZISNU Cianjur, LAZISNU Jawa Barat, PWNU Jawa Barat dan PCNU Cianjur akan bersama-sama mengatasi dampak gempa ini," kata Qohari.


Menurut dia, saat ini NU Peduli telah mendirikan Posko di Kantor PCNU Cianjur. "Besok (hari ini, Selasa, 22 November 2022) tim akan  turun membawa makanan siap saji untuk warga, melakukan koordinasi, dan asesmen untuk mengetahui kebutuhan para penyintas," ungkapnya.


Langkah itu dilakukan sesuai arahan PBNU agar LAZISNU dan LPBINU segera turun melakukan penanganan dampak bencana gempa bumi Cianjur. Hasil asesmen tim yang berangkat juga akan dilaporkan ke PBNU.


Qohari menambahkan dari PBNU telah memberikan amanah kepada Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid (Alissa Wahid) sebagai PIC penanganan bencana gempa bumi Cianjur.


Qohari mengajak warga masyarakat menyalukan bantuan melalui LAZISNU PBNU. Bantuan dapat ditransfer melalui rekening Bank Centra Asia (BCA) 0683331926 atas nama Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU. Konfirmasi  transfer dapat menghubungi nomor 081398009800.


Untuk memaksimalkan penghimpunan bantuan, NU Care-LAZISNU membuat tiga versi bahasa yakni Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.


Sebelumnya diberitakan bencana gempa bumi Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB berpusat di Cianjur, Jawa Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 5,6 skala richter dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×