Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Begini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Kurban dari PMK jelang Idul Adha

Begini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Kurban dari PMK jelang Idul Adha
Begini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Kurban dari PMK jelang Idul Adha
Begini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Kurban dari PMK jelang Idul Adha

Jakarta, NU Online 
Menjelang Idul Adha, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan para pedagang hewan kurban untuk menjaga kesehatan ternak dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal ini disampaikan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma), drh Nurul Humaidah, saat dihubungi NU Online, Rabu (6/7/2022).


“Usahakan ternak-ternak tersebut dalam kondisi sehat. Hal ini berlaku bagi penjual hewan kurban yang harus membawa hewan tersebut ke tempat lain untuk diekspos di tempat yang marketable,” jabarnya.


Pasalnya, saat mentransfer ternak ke sentra kurban, drh Humaidah menilai bahwa ternak rentan stres. “Transportasi dapat membuat hewan stres di tempat yang baru,” katanya.


Kondisi tersebut, sambungnya, berpotensi membuat sapi mudah terkena diare atau gejala-gejala penyakit lainnya seperti lesu, tidak lincah, dan sebagainya. Hal itu bakal berdampak pada penurunan minat pembeli. 


Selain itu, peternak juga diimbau untuk memberikan pakan berkualitas pada ternak yang dijual. Dalam hal ini, ia menganjurkan agar ternak diberikan pakan hijauan dan konsentrat, seperti halnya pada saat ternak sebelum dipindahkan ke sentra kurban.


“Hijauan yang berkualitas akan membuat hewan mempunyai kondisi tubuh dengan kekebalan yang bagus selama di tempat baru sebagai tempat ekspos hewan tersebut,” terangnya.


Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga, Surabaya, itu juga meminta agar penyemprotan desinfektan bisa dilakukan setiap hari di area sementara ternak. Hal tersebut sangat penting dilakukan, meskipun tentunya akan meningkatkan cost hewan kurban.


Upaya preventif tersebut, kata dia, penting untuk diterapkan, utama jelang Idul Adha saat ini. Pasalnya, virus PMK yang bersifat airborne diseases (penyakit yang menyebar lewat udara) membuat ternak kambing, domba, maupun sapi rentan terjangkit PMK. 


“Ini yang harus diketahui oleh pedagang ternak kurban,” pungkasnya.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×