Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bimtek Literasi dan Numerasi SMP LP Ma'arif Wujudkan Visi PBNU Lahirkan Cendekiawan Ber-Aswaja

Bimtek Literasi dan Numerasi SMP LP Ma'arif Wujudkan Visi PBNU Lahirkan Cendekiawan Ber-Aswaja
Hari pertama Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi bagi guru SMP di Hotel Arion Suites Hotel Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022). (Foto: istimewa)
Hari pertama Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi bagi guru SMP di Hotel Arion Suites Hotel Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022). (Foto: istimewa)

Bandung, NU Online

Lembaga Pendidikan Ma'arif NU mengadakan Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi bagi guru SMP di Hotel Arion Suites Hotel Bandung, Jawa Barat.

 

Pada pembukaan Sabtu (25/6/2022), Pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif NU, Irfan Nabhani mengingatkan visi PBNU yang akan melahirkan cendekiawan dan teknokrat dengan spirit Ahlussunnah wal Jama’ah. Peran menyiapkan cendekiawan dan teknokrat jadi bekal panjang bagi putra putri kita bagi masa depannya.

 

"Peningkatan literasi erat kaitannya dengan konsep iqro. Numerasi memberikan bekal berfikir logis. Idealnya hasil dari bimtek ini dapat terukur. Menciptakan cendekiawan dan teknokrat apa ukurannya," kata Irfan.


Menurutnya, pendampingan guru menjadi tepat guna sebagai out put-nya berbasis Ahlusunah wal Jamaah. "Harapan besar bimtek ini jangan sekedar menunaikan kewajiban dan penyerapan anggaran saja," imbau Irfan. 


Selain itu dikatakan, kegiatan ini menjadi sumbangan baik bagi peningkatan mutu pendidikan LP Ma’arif PBNU. Dalam membangun sebuah keinginan besar, membangun peradaban, pada hari ini salah satu ikhtiarnya diwujudkan dengan mengadakan bimtek literasi dan numerasi POP SMP. 


"Pada dasarnya bimtek ini sebagai pusat gerak dalam menciptakan insan-insan penggerak dalam membangun sekolah teladan, dengan harapan terciptanya sekolah-sekolah unggulan yang mampu mengangkat dan mengungkit hal yang subtantif," tegasnya. 


PIC program  POP Wardi Taufiq melaporkan terkait pelaksanaan Bimtek POP SMP di Bandung berlangsung 25-26 Juni 2022. Kegiatan ini diikuti oleh enam kabupaten di Jawa Barat, yaitu Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya, Majalengka.


"Dengan  peningkatan literasi bidang Bahasa Inggris dan numerasi di bidang Matematika agar bisa mengisi kelemahan di lingkungan warga NU," ujar Wardi. 


Sementar itu, Hj Ifah Faizah Rohmah, Ketua Wilayah LP Maarif Jabar meyakini bahwa bimtek ini menjadi penting sebab beberapa utusan sekolah yang hadir dan guru pilihan dapat menjadi duta terbaik dalam peningkatan kapasitas berbahasa Inggris dan matematika. Dengan begitu, dari bimtek ini melahirkan inovasi prodak terkait. 


Bimtek POP SMP dihadiri juga oleh Kabid pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bandung Barat, Rustiyana. Ia menyoroti kegiatan bimtek POP LP Maarif ini sangat bermanfaat dan membantu warga Jawa Barat dalam meningkatkan keahliannya dan literasi dan numerasi. Karena itu iamengapresiasi setinggi-tingginya terhadap LP Maarif PBNU.

 

Sekretaria LP Ma'arif NU Harianto Oghie  di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa program bimtek fasilitator daerah untuk literasi numerasi jenjang SMP ini diharapakan nanti para fasda dapat mendesiminasikan kemampuannya kepada guru-guru di satuan pendidikan yang menjadi sasaran program. 


Program literasi bahasa Inggris dan numerasi Matematika hasil kerja sama Kemendikbudristek dan LP Ma'arif NU di 2022 ini akan bergulir di tujuh propvinsi yakni Jabar, Jateng, Jatim, NTB, Kalimantan Barat, Lampang dan Kalsel.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×