Budayawan: Humor Gus Dur Berangkat dari Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning
Ahad, 27 Desember 2020 | 00:00 WIB
Aru Lego Triono
Kontributor
Jakarta, NU Online
Budayawan Nahdlatul Ulama (NU) Zastrouw Al Ngatawi menjelaskan, soal akar tradisi humor yang kerap dilontarkan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di berbagai forum pertemuan, mulai dari forum akademik hingga pengajian.
“Kalau dikaji secara antropologis-sosiologis kita bisa melacak akar tradisi humor Gus Dur ini adalah berangkat atau berasal dari tradisi pesantren,” ungkapnya dalam webinar Peringatan Haul ke-11 Gus Dur yang diselenggarakan PCINU Sudan dan Jerman, disiarkan langsung 164 Channel, pada Sabtu (26/12) sore.
Sebab menurut Zastrouw, di pesantren terdapat tradisi gojlogan. Sebuah budaya lucu-lucuan yang dilakukan oleh sesama santri di pesantren. Namun demikian, tidak ada yang merasa disakiti atau tersakiti karena gojlogan tersebut hanya dimaksudkan untuk membuang rasa jenuh.
“Wah itu kalau di pesantren gojlogan itu gila-gilaan. Kalau sekarang prank namanya. Nah Gus Dur menjadikan itu sebagai sumber inspirasi. Gojlogan di pesantren itu dilakukan kepada sesama santri untuk membuang rasa jenuh,” terang Asisten Pribadi Gus Dur pada 1989-1998 ini.
Selain itu, imbuh Zastrouw, akar tradisi humor Gus Dur berasal dari wacana kitab klasik yang diajarkan pesantren. Sebab di sana, banyak memuat berbagai kisah humor yang dilakukan oleh para sufi atau ulama terdahulu.
“Jadi itulah genealogi atau akar tradisi humor yang kerap dilakukan oleh Gus Dur. Humor Gus Dur itu berangkat dari tradisi pesantren,” tegas Zastrouw.
Lebih lanjut ia menegaskan, rata-rata santri itu pasti pintar humor. Para penceramah di lingkungan NU pun, sudah barang tentu bisa melucu. Kata Zastrouw, hal tersebut berbeda dengan penceramah-penceramah yang berasal dari non-NU.
“Sebut semua penceramah NU, seserius-seriusnya penceramah NU pasti tetap pintar humor. Karena itu (humor) sudah terbangun sejak di pesantren dulu,” tutur Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU masa khidmat 2004-2009 ini.
Melalui humor pula, tambah Zastrouw, Gus Dur sebenarnya sudah membuka jendela dan celah budaya pesantren yang selama ini tidak mendapat perhatian dari peneliti yakni tradisi canda tawa atau guyonan.
“Jadi soal humor di pesantren ini jarang sekali ada yang meneliti. Rata-rata penelitian di pesantren sejauh yang pernah saya baca adalah soal kepemimpinan, soal pemikiran, transformasi sosial, serta perubahan dan perkembangan sistem pendidikan,” jelas Zastrouw.
“Padahal guyon di pesantren ini, menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diteliti. Gus Dur mampu mengekspresikan, mengelaborasi, dan memformulasikan secara tepat dan akurat dalam dunia kecendekiawanannya itu,” tutup Doktor Sosiologi dari FISIP Universitas Indonesia ini.
Sekadar informasi, webinar bertema Mendaras Gus Dur: Antara Cendekia dan Canda Sang Guru Bangsa ini juga mendatangkan putri sulung Gus Dur Alissa Wahid. Hadir pula Ketua PCINU Maroko Gus Ali Dahrie dan Ketua PCINU Yaman yang membaca tahlil beserta doa.
Rais Syuriyah PCINU Sudan KH Dzakwanul Faqih dan KH Syaeful Fatah pun turut hadir secara virtual, memberikan sambutan untuk mengantar diskusi yang dipandu oleh Wakil Ketua Abdurrahman Wahid Center for Peace and Humanities Universitas Indonesia (AWCPH-UI) Zacky Khairul Umam.
Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Fathoni Ahmad
Terpopuler
1
Pertemuan KH Hasyim Muzadi dengan Komandan Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah
2
Cara Mengingatkan Anak yang Berisik ketika Khutbah Jumat
3
Kirim 20 Santri ke Amerika Serikat, Dirjen Pendis Dorong Pesantren Kejar Kemajuan
4
Imam Masjid Nabawi Madinah Puji Perkembangan Ilmu Keislaman di Pesantren NU
5
Ini Makna dan Filosofi Logo Hari Santri 2024
6
Hari Santri 2024, Ketua PBNU Ingatkan untuk Terus Berjuang Isi Kemerdekaan
Terkini
Lihat Semua