Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Haul Gus Dur Bertajuk ‘Bangkit Bersama dengan Bahagia’ Digelar Terbatas

Haul Gus Dur Bertajuk ‘Bangkit Bersama dengan Bahagia’ Digelar Terbatas
Suasana gelaran Haul ke-12 Gus Dur di Ciganjur. (Foto: NU Online/Musthofa Asrori)
Suasana gelaran Haul ke-12 Gus Dur di Ciganjur. (Foto: NU Online/Musthofa Asrori)

Jakarta, NU Online
Haul ke-12 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diselenggarakan di kediaman keluarga Gus Dur, di Jalan Warung Sila No 10, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (30/12/2021) malam. Acara bertajuk ‘Bangkit Bersama dengan Bahagia’ ini digelar secara terbatas.


Jamaah yang hadir langsung di Ciganjur harus melakukan tes usap PCR atau antigen. Selain itu, protokol kesehatan juga dilakukan secara ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak.


Acara ini dilangsungkan secara serentak di empat tempat sekaligus. Selain di Ciganjur, haul ke-12 Gus Dur ini digelar pula di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur; Peace Village DI Yogyakarta; dan Jerman.


Dari keempat tempat ini, Haul ke-12 Gus Dur dapat disaksikan dari berbagai tayangan virtual, salah satunya melalui kanal Youtube Televisi Nahdlatul Ulama (TVNU).


Selain istri almarhum Gus Dur Ny Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid beserta keluarga besar, hadir pada kesempatan ini beberapa tokoh, antara lain Ketua Umum PBNU terpilih KH Yahya Cholil Staquf, Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.


Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Abdullah Khoirul. Lantunan QS Ali Imran ayat 103-105 dibacakan dengan langgam Jawa. Kemudian dilakukan pembacaan surat yasin dipimpin Ustadz Syamsul Anam.


Dilanjut pembacaan tahlil dan doa dipimpin Pengasuh Pesantren Raudlatu Tahfidzi Qur’an Perak, Jombang, KH Masduki Abdurrahman al-Hafidz. Pembacaan yasin, tahlil, dan doa disiarkan langsung dari Pesantren Tebuireng Jombang.


Selain itu, beberapa tokoh lain juga dijadwalkan hadir. Di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir, presenter nasional Najwa Shihab dan Raffi Ahmad, serta Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.


Acara ini akan diisi dengan penyampaian ceramah oleh KH Imam Hambali (Abah Hambali) bersama Pelawak Srimulat Topan Muhammad Sugianto (Abah Topan). Tak hanya itu, Juragan 11 Indosiar yang di dalamnya adalah para artis papan atas negeri ini juga akan tampil mengisi kemeriahan haul ke-12 Gus Dur ini.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×