Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ikutilah Kelas Menulis Feature NU Online

Ikutilah Kelas Menulis Feature NU Online
Ilustrasi: Tulisan jenis feature adalah bentuk tulisan nonfiksi, dengan karakter human interest yang kuat.
Ilustrasi: Tulisan jenis feature adalah bentuk tulisan nonfiksi, dengan karakter human interest yang kuat.

Jakarta, NU Online

Situs resmi Nahdlatul Ulama, NU Online akan mengadakan Kelas Menulis Feature. Kelas diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Kelas dijadwalkan sebanyak empat pertemuan setiap Ahad, 18 Juli-8 Agustus 2021 pukul 10.00-12.00 WIB.

 

Kelas menulis feature bertujuan untuk memberikan alternatif lain para kontributor NU Online dalam penulisan berita. Kelas akan menghadirkan Syaifullah Ibnu Nawawi, Pemimpin Redaksi Majalah Aula dan NU Online Jawa Timur.

 

"Feature merupakan salah satu bentuk tulisan nonfiksi, dengan karakter human interest yang kuat. Tulisan jurnalistik juga, namun tidak selalu harus mengikuti rumus klasik 5W + 1 H," kata Syaifullah Ibnu Nawawi.

 

Dengan kemampuan menulis feature, nantinya para kontributor dan alumni kelas dapat menyajikan tulisan yang lebih bersifat menghibur. Isinya kadang sesuatu yang remeh dan luput dari liputan pewarta straight news dan news value, tetapi tidak terlalu terikat dengan tenggat waktu. 

 

"Menulis feature lebih 'santai', tidak dituntut tenggat, dan bisa bicara apa saja. Memang konsekuensinya nilai beritanya tidak hard," ungkapnya. 

 

Syaifullah menyebutkan feature ditulis dengan gaya bertutur, deskriptif, sedemikian rupa sehingga susunan kata dan kalimatnya mampu menggambarkan atau melukiskan suatu profil atau peristiwa tertentu. Oleh karena itu, feature sesungguhnya sebuah 'cerita', tapi bukan cerita mengenai fiksi melainkan mengenai fakta. 

 

Berbagai materi akan disajikan dalam kelas feature. Di antaranya jenis-jenis feature, mengolah ide, menentukan sudut pandang, memahami bahasa feature.

 

Berdasarkan data NU Online, tulisan berita yang disajikan dalam bentuk feature menjangkau banyak pembaca. Saat tulisan dibaca lama setelah pemuatan, pembaca tidak merasa bahwa itu merupakan tulisan lama atau berita atas kejadian yang sudah lama terjadi. Tulisan feature dapat mengajak pembaca merasakan apa yang diceritakan oleh wartawan.

 

Tulisan feature di NU Online juga menjadi alternatif penulisan prestasi siswa, madrasah, pesantren, kiprah tokoh, maupun kreativitas warga NU.

 

Persyaratan dan biaya

Selain para kontributor, kelas juga dapat diikuti masyarakat umum. Artinya, mereka yang belum menjadi kontributor NU Online, dapat mengikuti kelas ini. 

 

Para peserta selain menyimak paparan narasumber juga diajak dalam sesi diskusi serta bimbingan. Peserta yang mengikuti keseluruhan sesi juga berhak menerima sertifikat. Peserta juga berkesempatan menulis di NU Online dan media jaringannya.

 

Untuk mengikuti kelas ini peserta membayar biaya sebesar Rp200.000. Bagi peserta yang mendaftar pada 3-12 Juli 2021 mendapatkan potongan harga sebesar 50 persen. Pembayaran ke rekening BRI a.n PBNU QQ NU Online 0335-01-001-318-308.

 

Pendaftaran terakhir pada 17 Juli 2021 melalui tautan http://gg.gg/KelasFeatureNUO. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung di nomor WhatsApp 0889-0546-7739.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×