Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Kabar Terkini Erupsi Gunung Semeru: 14 Meninggal 56 Luka-luka

Kabar Terkini Erupsi Gunung Semeru: 14 Meninggal 56 Luka-luka
Dampak erupsi Gunung Semeru, abu vulkanik mengubur rumah dan benda-benda di sekitarnya. (Foto: Antara)
Dampak erupsi Gunung Semeru, abu vulkanik mengubur rumah dan benda-benda di sekitarnya. (Foto: Antara)

Jakarta, NU Online
Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Awan panas guguran serta banjir lahar dingin yang menerjang merusak pemukiman, fasilitas umum, serta menelan korban jiwa. Diketahui korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru di Jawa timur tersebut bertambah 1 orang menjadi 14 korban dari sebelumnya 13 korban.


“Jumlah korban meninggal dunia terdata hingga saat ini berjumlah 14 orang,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam jumpa pers, Ahad (5/12/2021).


Adapun rincian korban meninggal dunia tersebut 2 orang dari Desa Supiturang, 5 orang berada di Rumah Sakit Haryoto, 5 orang berada di Rumah Sakit Bhayangkara, dan 2 orang dari Desa Sumberwuluh.


“Untuk jasad yang ada di Rumah Sakit Haryoto dari Desa Curah Kobokan dan Desa Sumberurip,” kata Abdul Muhari.


Sementara itu, perkembangan data korban luka-luka akibat erupsi Gunung Semeru saat ini berjumlah 56 orang dengan rincian 21 orang mengalami luka ringan dan 35 orang luka berat.


“Data korban luka berat 8 orang di RS Haryoto, 16 orang di RSUD Pasirian, 3 orang di RS Bhayangkara, 8 orang di Puskesmas Penanggal. Total luka berat 35 orang. Luka ringan 21 orang,” ujar Abdul Muhari.


Adapun masyarakat terdampak, baik awan panas guguran di 2 kecamatan maupun masyarakat terdampak debu vulkanik di 8 kecamatan saat ini berjumlah 5.205 jiwa dengan 1.300 nya berada di pengungsian.


“Dari jumlah tersebut masih ada 9 jiwa yang sedang dalam pendataan status korban. Apakah hilang atau korban meninggal,” paparnya.


Sementara Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Lumajang, Abdul Majid Ridwan mengatakan pihaknya terus melakukan evakuasi warga terdampak.

 

Kendati demikian, sebagian dari TIM NU Peduli Semeru fokus membantu pengungsi di posko NU Peduli yang berlokasi di di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candipuro dan di Gedung MWC NU Pronojiwo.

 

Para relawan dari LPBINU juga membantu di posko inti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang.


“Sebagian kami membantu di posko NU Peduli dan membantu di posko inti BPBD,” tutur Ridwan kepada NU Online.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×