Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Krisis Gandum Melanda Dunia, Sorgum Pilihan Alternatif Bahan Mie

Krisis Gandum Melanda Dunia, Sorgum Pilihan Alternatif Bahan Mie
Sorgum menjadi bahan alternatif untuk mie di tengah harga gandum yang naik. (Foto: ilustrasi mie)
Sorgum menjadi bahan alternatif untuk mie di tengah harga gandum yang naik. (Foto: ilustrasi mie)

Jakarta, NU Online

Ancaman kelangkaan gandum yang merupakan imbas dari perang antara Rusia dan Ukraina tampaknya harus dicarikan solusinya. Penggunaan gandum sebagai bahan baku mie yang banyak diminati masyarakat Indonesia cukup membuat panik sebagian kalangan, dengan adanya ancaman kenaikan harga mie.


Namun demikian ternyata ada alternatif pilihan bahan baku lain dalam pembuatan mie yakni sorgum. Pada artikel yang diterbitkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyebutkan bahwa sorgum mengandung zat yang dengan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi.


Dijelaskan, bahwa bahan alternatif ini dapat terus dikembangkan sebagai alternatif yang menyehatkan, terutama bagi orang-orang yang ingin beralih ke trend hidup yang sehat. Karena dalam sorgum tidak memiliki kandungan gluten seperti halnya tepung terigu.


Meskipun jika dibandingkan dengan tepung terigu, kadar protein sorgum memang sedikit lebih rendah, yaitu 14,45 persen untuk terigu dan 10,11 persen untuk sorgum. Namun kadar lemak nabati sorgum lebih tinggi 3,65% dibanding terigu 2,09 persen. Selain itu kadar serat kasar, pati dan abu pada sorgum lebih tinggi dari pada tepung terigu, yaitu berturut-turut sebesar 2,74 persen; 80,42 persen; 2,24 persen.


Sorgum sangat penting dikembangkan untuk menggantikan tepung terigu yang berbahan gandum. Selain itu sorgum juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional. 


Hampir seluruh bagian dari tanaman sorgum seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai dari makanan seperti sirupm gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioethanol dan tepung pengganti terigu, serta masih banyak lainnya.


Tanaman ini sudah mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Di tahun 2022 tercatat ada sekitar 4.355 hektar lahan sorgum yang tersebat di Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) bahkan hingga saat ini.


Masyarakat tidak perlu khawatir akan melejitnya harga mie akibat dampak krisis ekonomi global. Berdasarkan video pendek yang dibagikan Narasi terungkap bahwa salah satu pengusaha mie instan siap melakukan proses pengolahan komoditas sorgum.


Ia mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Menteri Pertanian membincangkan terkait pengembangan bahan baku sorgum, sehingga nantinya akan ada pengembangan tanaman sorgum bersama-sama.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×