Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LPBINU Kirim Relawan, LAZISNU Jatim Himpun Bantuan untuk Gempa Cianjur

LPBINU Kirim Relawan, LAZISNU Jatim Himpun Bantuan untuk Gempa Cianjur
Banser membantu korban gempa di Cianjur. (Foto: NU Online/Suwitno)
Banser membantu korban gempa di Cianjur. (Foto: NU Online/Suwitno)

Surabaya, NU Online
Gempa yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) menyisakan duka bagi warga setempat. Tidak hanya bangunan dan fasilitas umum yang porak-poranda akibat gempa dengan kekuatan 5,6 magnitudo itu, ratusan warga juga meninggal lantaran tertimpa bangunan. Belum lagi korban yang masih belum berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan.


Untuk membantu evakuasi para korban, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Timur memberangkatkan relawan. Tujuannya tentu saja untuk membantu proses evakuasi para korban.


“Setidaknya masih ada ratusan korban tertimbun yang belum ditemukan, karenanya kami memberangkatkan tim relawan untuk melakukan assesmen lapangan serta membantu proses evakuasi korban,” kata Ketua PW LPBINU Jatim, Syaiful Amin, Rabu (23/11/2022).


Lebih lanjut disampaikannya bahwa berdasarkan koordinasi dengan Pengurus Cabang (PC) LPBINU Cianjur bahwa ada sejumlah kebutuhan yang membutuhkan tenda, tikar, sembako, selimut, kebutuhan anak dan perempuan, obat-obatan, dan berbagai kebutuhan dasar lainnya.


Sedangkan Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim  melakukan menggalang donasi untuk korban gempa bumi di kawasan Cianjur. 


“Kami melakukan koordinasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama atau PCNU se-Jawa Timur agar terlibat aktif dalam aksi kemanusiaan dan diteruskan kepada kepengurusan NU di akar rumput, yakni di desa-desa,” kata Sekretaris LAZISNU Jatim, Moch Rofi’ie Boenawi. Dengan demikian, elemen masyarakat yang bersedia terlibat bisa bergabung atau berdonasi melalui NU di wilayah masing-masing, lanjutnya.


Disebutkan, aksi penggalangan donasi tersebut dilakukan dengan beragam upaya. Di antaranya dengan melibatkan relawan di daerah masing-masing untuk turun langsung ke lapisan masyarakat, seperti ke pasar, jalan raya, hingga rumah penduduk.


“Selain itu, donasi juga dapat dilakukan secara online melalui rekening maupun di paltform kitabisa.com,” jelasnya.


Senada dengan Ketua PW LPBINU Jatim, bahwa dari hasil koordinasi dengan PCNU Cianjur guna mengetahui kebutuhan dan penyaluran bantuan dalam waktu dekat. Beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam waktu cepat meliputi kebutuhan pokok seperti makanan hingga peralatan balita.


“Kebutuhan mendesak yang paling dibutuhkan di antaranya seperti makanan cepat saji, selimut, terpal atau alas, air bersih, peralatan bayi dan obat-obatan. Bantuan yang terkumpul nanti akan kami segera salurkan,” ungkapnya.


Dirinya juga menyertakan nomor rekening bagi kalangan yang hendak berdonasi secara online lewat rekening BSI 177 7777 757 a/n Lazisnu Jatim Infaq atau BCA 429 8624 999 a/n YAY Lazisnu Infaq. Usai melakukan trasfer dana, diharapkan melakukan konfirmasi ke nomor gawai 0896 3009 2626.

 

Editor: Syaifullah Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×