Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ma’arif NU Resmikan ToT Fasilitator Daerah Jenjang Sekolah Dasar

Ma’arif NU Resmikan ToT Fasilitator Daerah Jenjang Sekolah Dasar
Suasana pembukaan ToT Fasda jenjang SD LP Ma’arif PBNU di Bandung. (Foto: LP Ma'arif PBNU)
Suasana pembukaan ToT Fasda jenjang SD LP Ma’arif PBNU di Bandung. (Foto: LP Ma'arif PBNU)

Bandung, NU Online
Pembukaan Training of Trainer Fasilitator Daerah (ToT Fasda) jenjang Sekolah Dasar (SD) Lembaga Pendidikan Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif PBNU) resmi digelar di Hotel Arion Suites Bandung, Jawa Barat, pada Jumat-Ahad, 29-31 Juli 2022.


Pembukaan itu diresmikan oleh Sekretaris LP Ma’arif PBNU H Harianto Oghie, dan dua pengurus Ma’arif lain, yaitu Yanto Basri dan Irfan Nabhani. Sementara dari Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Barat diwakili oleh Ketuanya langsung, Hj Ifa Faizah Rohmah.


Pelaksanaan ToT ini merupakan region ketiga yang sebelumnya sudah dilakukan di region pertama di Yogyakarta dan region kedua di Makassar yang diikuti oleh beberapa provinsi.


Berdasarkan laporan Suardi selaku Direktur POP SD LP Ma’arif PBNU, pelaksanaan ToT Fasda tingkat SD ini diikuti oleh Fasda Provinsi Jawa Barat dan Fasda dari Provinsi Lampung yang berjumlah 43 orang.


Harapannya, kegiatan ini dapat memberi stimulus dan pemahaman terkait literasi dan numerasi, sehingga ke depan dapat melatih para kepala sekolah dan para guru sekolah sasaran yang tersebar di Jawa Barat dan Lampung.


Fasda sendiri memiliki tugas untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasinya, sebagaimana termuat dalam Al-Qur’an perintah pertama yang dianjurkan kepada manusia adalah membaca (Iqra’). Membaca di sini adalah bagian dari literasi.


Hal inilah yang disampaikan oleh Irfan Nabhani sekaligus membuka kegiatan pelatihan pelatih Fasda ini.


Lebih lanjut, hal yang perlu ditingkatkan adalah literasi religiusitas, karakter, dan literasi digital sehingga para fasda memiliki pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi.


“Atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya serta mentransformasi ke kepala sekolah dan guru sasaran POP tingkat SD LP Ma’arif PBNU,” kata Irfan.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×