Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Menelusuri Sejarah Warna Merah Putih pada Bendera Indonesia

Menelusuri Sejarah Warna Merah Putih pada Bendera Indonesia
Bendera merah putih, bendera Indonesia
Bendera merah putih, bendera Indonesia

Jakarta, NU Online 
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) identik dengan pengibaran pengibaran bendera yang lebih dikenal dengan pengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka, bahkan di seluruh penjuru Indonesia. 


Kedua warna yang memiliki makna filosofi, merah mencerminkan keberanian dan putih melambangkan kesucian itu ternyata memiliki sejarah panjang.


Melansir Cagar Budaya Kemendikbud Ristek, panitia bendera kebangsaan merah putih menggunakan warna merah dan putih sebagai simbol. 


Panitia tersebut diketuai oleh Ki Hajar Dewantara dengan anggota: Puradireja, Dr Poerbatjaraka, Prof Dr Hoesein Djajadiningrat, Mr Moh Yamin, dr Radjiman Wedyodiningrat, Sanusi Pane, KH Mas Mansyur, PA Soerjadiningrat, dan Prof Dr Soepomo.


Di samping bermakna berani dan suci, kombinasi warna merah dan putih telah digunakan dalam sejarah kebudayaan dan tradisi di Indonesia pada masa lalu. Kombinasi merah dan putih digunakan pada desain sembilan garis merah putih bendera Majapahit.


Sementara itu, ukuran bendera ditetapkan sama dengan ukuran bendera Nippon yakni perbandingan antara panjang dan lebar tiga banding dua.


Warna Merah Putih dipilih Soekarno

Merasakan dan melihat para pejuang kemerdekan melawan pasukan Belanda selalu membawa bendera merah putih, Soekarno kemudian memilih merah putih sebagai warna bendera Indonesia. 


Pasalnya, dua warna itu dianggap sangat mencerminkan perjuangan rakyat Tanah Air merebut kemerdekaan dari negara penjajah.


Secara resmi Soekarno menyebut 7 September 1944 diperingati sebagai kelahiran bendera merah-putih. Warna merah dilambangkan dengan tubuh manusia, sementara warna putih disebut menjadi simbol jiwa manusia.

 

Bendera Merah Putih berkibar di Indonesia

Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Kala itu, bendera merah putih digunakan sebagai bentuk pergerakan nasionalisme melawan penjajah Belanda.


Bendera merah putih pun resmi berkibar pada 17 Agustus 1945 saat proklamasi kemerdekaan bangsa. Bendera pusaka merah putih ini dijahit oleh Ibu Negara, Fatmawati.


Selain Bendera Pusaka, nama lain bendera Merah Putih Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih dan Sang Dwiwarna. Dwiwarna ini berarti dua warna, yaitu merah dan putih.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×