Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mengenal Jenis dan Bidang Tugas 11 Saka dalam Gerakan Pramuka

Mengenal Jenis dan Bidang Tugas 11 Saka dalam Gerakan Pramuka
Satuan Karya Pramuka. (Foto: pramuka.or.id)
Satuan Karya Pramuka. (Foto: pramuka.or.id)

Jakarta, NU Online

Saka singkatan dari Satuan Karya Pramuka adalah wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.


Hal itu termuat dalam Keputusan Kwartir Nasional Nomor 170.A Tahun 2008 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka dan Pasal 39 dalam AD/ART Keputusan Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018.


Mengutip dari buku Scout Book: Materi Lengkap Pramuka (2014) karya Alim Sutoto dan Toni Hermanto, Saka merupakan aktivitas kepramukaan yang ditujukan untuk memberi bekal pengetahuan serta keterampilan, khususnya di bidang kejuruan.


Aktivitas Saka dibina oleh Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka sebagai upaya peningkatan kemampuan serta pengetahuan di bidang tertentu dan supaya nantinya bisa mengabdi kepada masyarakat dan negara. 


Melansir laman resmi pramuka.or.id, berikut 11 jenis Saka tingkat Nasional dan bidang tugasnya:


1. Saka Dirgantara

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang kedirgantaraan. Harapannya setelah melalui serangkaian proses, para anggota pramuka bisa mengabdi dan berguna bagi masyarakat, bangsa serta negara.


Saka Dirgantara diselenggarakan bekerja sama dengan TNI AU, pihak perusahaan penerbangan dan klub aeromodelling. 


2. Saka Bhayangkara

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia. 


3. Saka Bahari

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan keterampilan di bidang kebaharian. Pelatihan ini juga menjadi upaya menumbuhkan rasa cinta dan sikap hidup yang berorientasikan pada kebaharian, termasuk laut serta perairan dalam.


Pembinaan Saka bahari dilaksanakan bekerja sama dengan TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, dan Kementerian Kelautan.


4. Saka Bakti Husada 

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan keterampilan di bidang kesehatan. Setelah menempuh pendidikan di saka ini, para anggota pramuka diharapkan bisa membaktikan dirinya kepada masyarakat di bidang kesehatan. Pembinaannya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. 


5. Saka Keluarga Berencana (Kencana)

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang keluarga berencana. Para anggota pramuka akan mendapat pengetahuan serta keterampilan praktis di bidang bakti masyarakat, khususnya keluarga berencana, keluarga sejahtera serta pengembangan kependudukan.


Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).


6. Saka Taruna Bumi

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan yang bergerak dalam pertanian. Dalam saka ini, anggota pramuka akan mendapat pengetahuan, pelatihan kepemimpinan, keterampilan dan kecakapan, sehingga nantinya diharapkan mereka bisa produktif dan membantu mengembangkan pembangunan pertanian.


Pembinaannya bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, LIPI, dan Lembaga Holtikultura. 


7. Saka Winabakti

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup. Lebih spesifiknya, saka ini melatih anggota pramuka untuk lebih terampil, dapat menumbuhkan kesadaran, dan rasa tanggung jawab terhadap pelestarian sumber daya alam, kehutanan, dan  lingkungan hidup.


8. Saka Wira Kartika

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang pendidikan bela negara. Pelatihan saka ini dibina oleh TNI AD (Angkatan Darat). Pengajarannya berfokus untuk memberi pengetahuan, mengembangkan keterampilan di bidang bela negara.


9. Saka Pariwisata

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang pariwisata. Pelatihan ini dapat mencakup pemandu wisata, penyuluh wisata serta kuliner.


10. Saka Widya Budaya Bakti 

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan dan pelatihan di bidang bakti masyarakat. Dalam saka ini akan diajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan, khususnya pembelajaran mengenai pendidikan kecakapan hidup, media pendidikan dan pemerataan pemberantasan buta aksara (buta huruf).


11. Saka Kalpataru

Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan dan pelatihan di bidang lingkungan hidup. Artinya anggota pramuka akan diberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemeliharaan lingkungan hidup.


Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup (sekarang Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup).


Pewarta: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×