Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Mudik Bareng NU Care, Peserta Dapat Paket Sembako

Mudik Bareng NU Care, Peserta Dapat Paket Sembako
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, NU Online

NU Care-LAZISNU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Bank Mandiri mengadakan mudik gratis dengan kuota kursi terbatas hanya untuk 750 pemudik. Peserta mudik akan mendapatkan satu paket bingkisan sembako dari panitia. Meski begitu, panitia telah menetapkan kriteria penerima manfaat bagi calon pemudik.


Pertama, calon pemudik adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kedua, calon peserta mudik juga harus sudah menerima vaksin booster dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi. Ketiga, calon peserta mudik yang belum menerima vaksin booster wajib menyerahkan bukti hasil tes negatif Covid-19.


Bagi calon peserta mudik yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama maka harus menyertakan bukti hasil negatif Covid-19 dari tes swab PCR. Sementara bagi calon peserta mudik yang sudah mendapatkan dosis vaksin kedua, wajib menyerahkan bukti negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen. 


Sekretaris NU CARE-LAZISNU Moesafa mengatakan, mudik yang diselenggarakan bersama Bank Mandiri ini adalah bagian dari dua kerangka besar mudik PBNU. 


"Pertama, keberangkatan pada 25 April 2022 atas kerja sama LTM (Lembaga Takmir Masjid) PBNU bersama Kementerian Agama (Kemenag). Kedua, yang diadakan LAZISNU bersama Bank Mandiri ini, keberangkatan tanggal 27 April 2022," kata Moesafa kepada NU Online, Senin (18/4/2022) sore. 


Ia menjelaskan, animo masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti mudik bersama PBNU ini. Saat ini, sudah ada 450 orang yang mendaftar dari total kursi 750 pemudik. Panitia pun menyiapkan 15 bus beserta fasilitas obat-obatan di dalamnya. 


"Kita sudah pastikan akan ada pemberian paket sembako untuk para pemudik. Terkait fasilitas kesehatan, kita masih menunggu penambahan fasilitas dari pihak armada," kata Moesafa. 


Ia memastikan bahwa mudik gratis ini merupakan wujud kepedulian PBNU untuk membantu meringankan beban para perantau yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. 


"Semoga bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi beraktivitas seperti sedia kala," harapnya.


Syarat calon pemudik

Para peserta atau calon pemudik wajib mengisi tautan bit.ly/mudikgratispbnu2022. Setelah itu, peserta mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh panitia. Lalu peserta hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah disediakan. Pendaftaran paling lambat dilakukan pada 25 April 2022. 


Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan di dua lokasi pada hari dan jam yang sama yaitu pada Rabu, 27 April 2022 pukul 14.00 WIB. Kedua lokasi itu adalah di IRTI Monas dan di depan Kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. Info lebih lanjut bisa menghubungi narahubung pada nomor 0813-9800-9800 (LAZISNU PBNU) dan 0896-2734-9190 (Fahrur Rozi). 


Adapun sembilan rute perjalanan yang telah disediakan oleh panitia adalah 
1. Jakarta–Lampung–Palembang
2. Jakarta–Tegal–Purwokerto–Yogyakarta–Solo–Surabaya–Malang 
3. Jakarta–Tegal–Pekalongan–Semarang–Surabaya–Malang 
4. Jakarta–Ngawi–Ponorogo–Madiun–Kediri
5. Jakarta–Probolinggo–Situbondo–Banyuwangi 
6. Jakarta–Bojonegoro–Lamongan–Gresik 
7. Jakarta–Semarang–Surakarta–Madura
8. Jakarta–Semarang–Demak–Kudus–Pati–Rembang 
9. Jakarta–Purbalingga–Banjarnegara–Kebumen.  


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×