Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Care-LAZISNU dan BPKH Kembangkan Ekonomi Masjid dengan Marbot Mart

NU Care-LAZISNU dan BPKH Kembangkan Ekonomi Masjid dengan Marbot Mart
Program Marbot Maet diharapkan tersebut dapat terus mengembangkan sektor ekonomi Islam. (Foto: dok LAZISNU)
Program Marbot Maet diharapkan tersebut dapat terus mengembangkan sektor ekonomi Islam. (Foto: dok LAZISNU)

Jakarta, NU Online
Program Kemaslahatan hasil kerja sama NU Care-LAZISNU dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyalurkan bantuan pengembangan ekonomi umat dan sosial keagamaan untuk masjid-masjid di Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 30 masjid memperoleh bantuan yang diberi nama program Marbot Mart.


Kepala Unit Kerja Program Kemaslahatan NU Care-LAZISNU PBNU, Muhammad Iqbal Lutfi dalam keterangan tertulis yang diterima NU Online, Rabu (11/1/2023) mengatakan program kemaslahatan kerja sama NU Care-LAZISNU PBNU dan BPKH ini akan terus meningkatkan peran dalam cakupan kegiatan sosial kemanusiaan yang semakin luas.


Pihaknya juga berharap kerja sama tersebut dapat terus mengembangkan sektor ekonomi Islam. "Melalui kerja sama ini diharapkan pengembangan sektor ekonomi Islam dapat terus berjalan," ujar Lutfi.


Adapun di antara 30 masjid terpilih yang menjadi penerima manfaat program Marbot Mart adalah Masjid Raya Bogor, Masjid Jami Attaqwa, Masjid Nurul Falah, Masjid Ka'ab Bin Juhair, Masjid Al Hidayah Aspol Panaragan, Masjid Al Mukhlishin, Masjid Al Mujahidin, Masjid Nurul Iman, Masjid Al Mukhlis, Nurul Mukmin, Jami Taufiqurrohman, Nurud Dawah, Masjid Al Amin, Masjid Baiturrahnan, dan Masjid Jami Nurul Akbar.


Bantuan Program Marbot Mart yang diberikan kepada 30 masjid tersebut disalurkan melalui Yayasan Madani, dengan bantuan berupa 30 paket kios Marbot Mart yang terdiri dari:
1. Kios berukuran 2 x 1 x 1 x 2 x 1,9 m
2. 2 paket pakaian marbot (baju koko, sarung, dan peci)
3. Isi kios (modal usaha berupa minuman saset, mi instan, air mineral, dan jajanan lainnya)
4. Galon air mineral
5. Kompor gas 1 tungku beserta tabung gas 3kg, regulator, dan selang
6. Dispenser air
7. Televisi 17” LED TV USB dengan breket universal.


Seluruh kios tersebut dilengkapi juga dengan branding airbrush dan stiker hologram.


Untuk diketahui, program Marbot Mart ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil Dana Abadi Umat (DAU) yang sebagaimana diatur dalam PP nomor 5 tahun 2018 tentang pelaksanaan Undang-Undang nomor 34 tahun 2014 terkait pengelolaan keuangan haji, dan diatur dalam PBPKH nomor 7 tentang prioritas kegiatan kemaslahatan di bidang ekonomi dan sosial keagamaan.


Program ini pun telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pelaksana BPKH RI nomor 386/BPKH.00/11/2022 tanggal 24 November 2022. Masa berlaku perjanjian kerja sama program Marbot Mart ini sampai dengan 30 April 2023.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×