Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Usung Tema Pengabdian Tanpa Batas

Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Usung Tema Pengabdian Tanpa Batas
Ilustrasi: Siswa-siswi MI Ma'arif NU Cilangkap Kecamatan Gumelar, Banyumawa, Jawa Tengah pada kegiatan menyambut peringatan Hari Pramuka 2022. (Foto: Dok MI Ma'arif NU Cilangkap)
Ilustrasi: Siswa-siswi MI Ma'arif NU Cilangkap Kecamatan Gumelar, Banyumawa, Jawa Tengah pada kegiatan menyambut peringatan Hari Pramuka 2022. (Foto: Dok MI Ma'arif NU Cilangkap)

Jakarta, NU Online
Peringatan Hari Pramuka Ke-61 yang jatuh tepat di hari Ahad (14/8/2022) mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. Tema ini disampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Pum) Budi Wases dalam sambutan tertulisnya.


"Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka," tuturnya dalam dokumen yang diterima NU Online.


Ia menuturkan bahwa segala bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan yakni Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya. 


"Pada semua kode kehormatan Gerakan pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang di antaranya diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan," paparnya.


Ia menyebutkan dalam sambutannya, bahwa di tahun ini pula sebagai peringatan 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. 


"Untuk itu kita perlu mengucapkan rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkahnya dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka ini," ungkapnya.


Bersamaan dengan itu ia menuturkan bahwa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 di Buperta Cibubur sampai pada Ahad (21/8/2022), yang diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dengan gugus depan yang berpangkal di Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu serta tokoh pandu di berbagai negara.


"Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema Ceria, Berdedikasi, Berprestasi, dengan harapan dapat diterapkan oleh semua anggota gerakan pramuka terutama adik-adik peserta didik di mana pun berada, baik yang ikut maupun tidak ikut Jamnas," terangnya.


Ia berpesan agar bisa selalu ceria menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat bekerja, dan lainnya. Serta berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang yang ditekuni.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Kendi Setiawan
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×