Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pusat Studi Pesantren Siapkan Bedah Film Dokumenter ‘Hamtramck’ Kamis Lusa

Pusat Studi Pesantren Siapkan Bedah Film Dokumenter ‘Hamtramck’ Kamis Lusa
Ilustrasi film. (foto: Dok. NU Online)
Ilustrasi film. (foto: Dok. NU Online)

Jakarta, NU Online 
Pusat Studi Pesantren (PSP) bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat dan American Film Showcase akan menyelenggarakan acara diskusi dan bedah film bertajuk Ramadan Movie Talk Series pada Kamis, 14 April 2022, pukul 09.00 hingga 11.30 WIB.


Direktur Pusat Studi Pesantren Achmad Ubaidillah Albantany mengatakan, tujuan program ini diselenggarakan selain untuk mengisi Ramadhan dengan giat produktif, juga sebagai sarana penting untuk menegaskan bahwa dakwah dan film merupakan dua hal yang sangat bermanfaat bagi edukasi publik.


“Terlebih geliat di kalangan muslim, khususnya dunia pesantren agar memproduksi narasi dakwah lewat film semakin besar, meskipun memang saat ini intensitasnya belum sebesar film-film di arena industri,” kata Ubaidillah, pada Sabtu (9/4/2022).


Ubaidillah menjelaskan, acara yang menghadirkan dua sineas Amerika Serikat dan dipandu oleh Vedy Santoso, seorang sineas muda alumnus Pesantren Krapyak Yogyakarta ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan tentang proses produksi film. Termasuk juga di dalamnya membangun narasi dan skenario cerita yang inspiratif.


Acara ini, lanjut dia, akan mendiskusikan film dokumenter berjudul Hamtramck karya Razi Jafri dan Justin Feltman, keduanya sama-sama sebagai produser dan sutradara film. Hamtramck sendiri adalah nama kota di negara bagian Michigan yang berjarak sekitar 500 mil dari Ibu Kota Washington DC.


“Film ini secara umum mengupas latar belakang kehidupan demokrasi dan berpolitik di Kota Hamtramck yang berpenduduk muslim terbanyak di Amerika Serikat. Di samping itu, film Hamtramck juga mengeksplorasi keindahan dan tantangan dalam multikulturalisme di kota yang memiliki luas 5,4 km persegi itu,” ungkapnya.


Menurut cicit Pendiri Pesantren Al-Falakiyah Pagentongan Bogor ini, film Harmtamck juga menarik secara ide dan substansi. Sebab, mengangkat isu penting baik dalam konteks relasi sosial antar iman maupun diseminasi pandangan sosial dan keagamaan. 


“Harmtamck juga menekankan pada pentingnya ikhtiar kecil dan besar merawat harmoni sebagaimana halnya prinsip dan tata nilai serta etika hidup yang selama ini diajarkan di dalam Islam khususnya di dunia pesantren,” sambung pendiri media keislaman Iqra.id itu.


Program diskusi dan bedah film yang didukung media Iqra.id dan Cak Masykur Management ini akan diadakan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui fanspage Facebook Pusat Studi Pesantren.


Bagi siapa saja yang ingin hadir melalui melalui aplikasi Zoom Meeting, bisa langsung mendaftar terlebih dahulu di tautan bit.ly/reg-hamtramck-psp


Sebelum mengikuti acara diskusi dan bedah film ini, para peserta disarankan untuk menonton film Hamtramck secara streaming dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/reg-hamtramck-psp


Kontributor: M Zidni Nafi’
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×