Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Sah! Ketua Fatayat NU Lasem Jadi Komisioner Komnas Disabilitas

Sah! Ketua Fatayat NU Lasem Jadi Komisioner Komnas Disabilitas
Ketua PC Fatayat NU Lasem, Hj Fatimah Asri Mutmainah (kedua kiri) usai pelantikan sebagai Komisioner Komnas Disabilitas di Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ketua PC Fatayat NU Lasem, Hj Fatimah Asri Mutmainah (kedua kiri) usai pelantikan sebagai Komisioner Komnas Disabilitas di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Kudus, NU Online
Setelah melalui proses panjang, akhirnya Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Lasem, Hj Fatimah Asri Mutmainah, berhasil menduduki kursi Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas sebagai salah satu dari tujuh komisioner.


Sebelum dilantik dan disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta beberapa hari lalu, Umi Aci, sapaan akrabnya, telah menempuh proses panjang dan berliku. Ia mempersiapkannya dengan matang untuk mendaftarkan diri sebagai komisioner Komnas Disabilitas.


“Mulai dari pembuatan media sosial, pemenuhan berkas persyaratan, sampai pada tes seleksi yang dilaksanakan di Jakarta beberapa bulan yang lalu,” tutur Umi Aci kepada NU Online melalui sambungan telepon, Ahad (5/12/2021).


Pengasuh Pesantren Al-Aziz Lasem, Rembang, Jawa Tengah, itu mengaku memiliki misi besar untuk menebar manfaat bagi orang lain, serta ingin melihat Indonesia menjelma menjadi bumi inklusi.


“Mimpi besar itu sebenarnya adalah mimpi besar kami semua, baik yang duduk di kursi komisioner maupun yang tidak, untuk memastikan semua warga negara dapat hidup dengan layak, bermartabat, dan tanpa diskriminasi,” tandasnya.


Hal itu yang membuat Umi Aci berani ikut andil dan menjadi bagian dari sejarah untuk ikut memperjuangkan.


“Meskipun dengan keterbatasan yang saya miliki, tapi saya terus belajar dengan banyak membaca, belajar dari kasus-kasus yang dialami orang, dan dari pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan tentang hukum di Indonesia,” terangnya.


Mengingat dirinya yang berada dalam lingkup keorganisasian Fatayat NU, ia berharap dapat menjadi agen perubahan untuk rekan-rekan yang lain.


Ungkapan bahagia
Pascapelantikan, sejumlah ucapan selamat pun datang kepada Umi Aci. Salah satunya dari Ketua PW Fatayat NU Jawa Tengah, Hj Tazkiyyatul Muthmainnah. Ungkapan bahagia karena kabar tersebut dituliskannya dalam status Facebook pribadi Tazkiyyatul Muthmainnah.


“Selamat bekerja Mbak. Wujudkan semua mimpi dan harapan yang Mbak Aci sering ceritakan kepada saya. Selamat berjuang untuk perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Selamat berjuang untuk Indonesia yang inklusif. Bangga padamu Mbak Aci. Luuv…,” tulisnya.


Iin, sapaan akrabnya, mengaku telah mengenal sosok Umi Aci bertahun-tahun lamanya sebagai perempuan yang luar biasa.


“Perempuan yang cerdas, kritis, tangguh, progresif, dan leader yang inspiratif. Sering kita telepon diskusi hingga berjam-jam. Sering saya kagum dengan semangat juang Mbak Aci,” tutur Anggota FPKB DPRD Jawa Tengah ini.


Ia mengaku sejak awal sudah meyakini sosok Umi Aci akan lolos menjadi bagian dari Komnas Disabilitas. “Karena Mbak Aci orang yang sangat tepat berada di sini,” tandas Iin.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×