Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Selain Minta Maaf, Gus Mus Juga Memaafkan Orang yang Mencemoohnya

Selain Minta Maaf, Gus Mus Juga Memaafkan Orang yang Mencemoohnya
KH Mustofa Bisri. (Foto: NU Online/Suwitno)
KH Mustofa Bisri. (Foto: NU Online/Suwitno)
Jakarta, NU Online
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Mustofa Bisri (Gus Mus) memanfaatkan kesempatan ceramahnya di hadapan pengurus harian PBNU untuk meminta maaf. Gus Mus memohon maaf kepada hadirin pada pembukaan Konferensi Besar (Konbes) NU 2022 di Hotel Yuan Garden Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2022) malam.
 
“Pada bulan Syawwal dan suasana halal bihalal ini, saya sebagai penceramah banyak bicara. Orang yang banyak bicara mesti banyak salah. Saya meminta maaf kepada semuanya,” kata Gus Mus.
 
Di tengah peserta Konbes NU 2022, Gus Mus menyampaikan bahwa ia merupakan orang yang aktif di media sosial dan sering mengomentari banyak hal.
 
Gus Mus menyampaikan bahwa dirinya merasa sering menggeneralisasi satu dua pengurus NU yang kurang baik sebagai perilaku pengurus NU secara umum dan sikap sebagian orang Jakarta yang menurut ukurannya aneh-aneh sebagai sikap orang Jakarta secara umum. Sementara itu tentu tidak benar, katanya.
 
“Sebaliknya, saya ini juga orang yang dikenal. Risikonya banyak orang mencemooh, merendahkan, dan menghina saya. Tetapi saya memaafkan mereka sejak mereka melakukan itu terhadap saya,” kata Gus Mus.
 
Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dalam pidato pembukaan juga menyampaikan permohonan maaf kepada publik, terutama pengurus dan warga NU.
 
“Saya Yahya Cholil Staquf meminta maaf kepada saudara sekalian semuanya,” kata Gus Yahya pada kesempatan pembukaan Konbes NU 2022.
 
Pewarta: Alhafiz Kurniawan
Editor: Muhammad Faizin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×