Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Seminarkan Hasil Evaluasi Layanan KUA, Kapus Mohsen: Kawal dan Perkuat Kualitas!

Seminarkan Hasil Evaluasi Layanan KUA, Kapus Mohsen: Kawal dan Perkuat Kualitas!
Seminar Hasil Evaluasi Kepuasan Pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Tahun 2022. (Foto: NU Online/Musthofa Asrori)
Seminar Hasil Evaluasi Kepuasan Pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Tahun 2022. (Foto: NU Online/Musthofa Asrori)

Jakarta, NU Online
Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI menggelar Seminar Hasil Evaluasi Kepuasan Pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Tahun 2022.


Dalam sambutannya selaku Plt Kepala Puslitbang BALK, H Mohsen Alaydrus mengatakan sangat menyambut baik kegiatan tersebut lantaran pentingnya isu yang dibahas, yakni Evaluasi Kepuasan Layanan di KUA.


"Kegiatan ini menjadi sempurna karena dihadiri oleh beberapa unsur penting, antara lain para peneliti dari BRIN selaku mitra kami selama ini dan perwakilan KUA," ujar Habib Mohsen, sapaan akrabnya.


Secara khusus, ia mengapresiasi panitia acara yang menggelar fulboard demi alokasi waktu penyusunan rekomendasi yang lebih tuntas. "Sebab, kegiatan ini menyangkut IKU Kementerian Agama. Jadi perlu dikawal kontennya dan diperkuat kualitasnya," tandasnya.


Pria yang pernah mengemban amanah sebagai Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam ini bersyukur karena pendekatan metodologi sangat lengkap, yakni kuantitatif, kualitatif, dan didukung spotcheck dari lembaga lain yang bekerja sama.

​​​​​​​


"Jadi, terkait naik turunnya indeks Layanan KUA ini saya sangat bertanggung jawab. Sebab, saya lah pertama kali yang menduduki jabatan Direktur KUA pada 2017," ungkapnya.


"Makanya saya dulu bersama Pak Adib sebagai Kasubdit (Direktur KUA sekarang-red) bekerja keras dalam membangun paradigma baru layanan digitalisasi dan produk layanan lainnya seperti aplikasi Simkah, kartu nikah yang didigitalkan," sambung Habib Mohsen.


Sebagai mantan Kepala KUA, Habib Mohsen sangat memahami bagaimana layanan KUA sangat diperhatikan masyarakat. Sebab, mulai urusan manusia yang hidup hingga yang mati diurusi KUA.


"Oleh karena itu, harus ada keseriusan dari pemerintah untuk pembenahan KUA itu sendiri karena ia menjadi garda terdepan Kemenag," ujarnya disambut aplaus hadirin.


Ia pun bersyukur karena serapan anggaran di Puslitbang BALK sangat baik pada semester 1 tahun 2022. "Kalau di Pusat 2 sudah hampir 83 persen. Di Pusat 1 ini nanti juga akan menyusul," harapnya.


"Secara global, capaian kita di Litbang ini 75 persen. Jadi sudah sesuai harapan dan patut kita syukuri capaian kita ini," sambung pria yang juga Kepala Puslitbang Penda ini.


Agenda tahunan
Kasubag TU Puslitbang BALK Rizky Riyadu Taufik dalam laporannya mengatakan bahwa Seminar Hasil Evaluasi Kepuasan Layanan di KUA Tahun 2022 merupakan agenda tahunan, yakni Indeks Kepuasan Layanan KUA.


Untuk indeks tahun 2022, pihaknya melaksanakan sejak tiga bulan lalu, mulai Mei, Juni, dan Juli. Kegiatan itu, kata dia, melalui 3 tahapan. Pertama, riset kuantitatif indeks KUA yang digelar di 13 provinsi. Dalam 1 provinsi, terkadang ada dua atau tiga titik lokasi.


"Setelah kuantitatif selesai, lalu datanya diolah dan diperdalam melalui riset kualitatif, sebagai tahapan keduanya. Nah, tahapan terakhir adalah bekerja sama dengan tim Alfara di bawah Mas Hasanudin Ali, yaitu dengan mengirimkan tim khusus untuk mengevaluasi beberapa KUA yang sudah masuk proyek revitalisasi KUA," ungkap Topek, sapaan akrabnya.


"Pada sore hari ini kita melakukan seminar karena pengolahan data kuantitatif sudah final. Lalu, pengolahan dan pelaporan secara substantif pun tinggal kita sinkronkan dengan data kualitatif. Pasca-seminar ini kita akan segera merilis Indeks KUA Tahun 2022," ujarnya.


Menurut Topek, peserta seminar terdiri dari peneliti BRIN eks Puslitbang BALK, perwakilan KUA, dan Kepala Kantor Kemenag di sekitar DKI Jakarta. "Kita juga undang Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Bimas Islam sebagai pihak yang memiliki kepentingan langsung dengan kita terkait kegiatan ini," lapornya.


Koordinator kegiatan, Agus Mulyono menambahkan, bahwa tiga narasumber siap hadir dalam seminar ini, yakni Prof Ibnu Hamad (Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia/LK3P UI), Hasanudin Ali (Tenaga Ahli Menteri Agama), dan Muhammad Adib Machrus (Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam).


Seminar Hasil Evaluasi Kepuasan Layanan di KUA yang digelar diagendakan selama tiga hari, Rabu-Jumat, (10-12/8/2022) ini digelar di Harris Vertu Hotel Harmoni, Jl. Hayam Wuruk No. 6 Jakarta.


Pewarta: Musthofa Asrori
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×