Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tips Jago Masak Enak dengan Bahan Seadanya

Tips Jago Masak Enak dengan Bahan Seadanya
Tips Masak Enak dengan Bahan Seadanya
Tips Masak Enak dengan Bahan Seadanya

Kudus, NU Online
Terbatasnya bahan yang tersedia di dapur terkadang membuat sebagian orang malas untuk memasak. Padahal sebenarnya dengan bahan seadanya dapat dimanfaatkan sebagai hidangan yang enak dengan teknik masak tertentu.


Pada modul ajar Pengembangan Kuliner yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa memasak dapat diawali dengan belajar teori dan praktik teknik dasar memasak. Memasak selain membutuhkan pemahaman teknik juga dipengaruhi talenta.


NU Online telah merangkum beberapa tips untuk mengasah talenta anda untuk memasak dengan bahan seadanya yakni:


Pertama, berbelanja mingguan. Seminggu sekali dapat berbelanja bahan-bahan untuk dimasak selama sebulan, seperti ikan-ikanan, tahu, tempe, telur, sayur-sayuran, bawang, cabe, dan kebutuhan lainnya yang diperlukan. Sehingga sebelum berbelanja dapat memperkirakan bahan-bahan yang diperlukan dalam seminggu ke depan.


Kedua, menyimpan dan mempersiapkan bahan dengan baik. Hal ini dapat memanfaatkan kotak-kotak berbahan atom sebagai tempat penyimpanan bahan makanan. Setiap bahan disimpan dengan tidak dicampur bahan lain untuk menghindari bau dan terjadinya kebusukan. Bahan seperti bawang-bawangan dapat dikupas terlebih dahulu untuk mengefisienkan waktu saat hendak dimasak.


Ketiga, mencoba mencari resep yang sesuai dengan bahan yang ada di kulkas. Misalnya hanya ada tahu atau tempe maka dapat dikreasikan dengan membuat perkedel tahu dan tempe agar tidak bosan dan masakan tetap enak.


keempat, mengganti bahan yang tidak ada. Ini bisa dilakukan jika bahan pengganti hampir serupa. Misalnya dapat mengganti daging sapi dengan daging ayam untuk membuat bakso, mengganti brokoli dengan kembang kol untuk membuat sayur sop. Sehingga dengan bahan yang terbatas tetap dapat dimanfaatkan dengan sedikit memodifikasinya.


Kelima, jangan takut membuat masakan dengan resep sendiri. Ini sering kali terjadi saat bahan-bahan penting seperti ikan dan ayam terjadi. Namun tidak perlu khawatir karena masih dapat memanfaatkan bahan sisa dengan resep sendiri. Misalnya membuat sayur asam dengan potongan timun dan kol di dalamnya, membuat tumis tahu orak arik dengan mengandalkan rasa pedas dari cabai, dan membuat tempe mendoan dibalut dengan bumbu mentega.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×