Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wahid Foundation Salurkan 2 Ton Beras dan Aneka Kebutuhan Korban Gempa Cianjur 

Wahid Foundation Salurkan 2 Ton Beras dan Aneka Kebutuhan Korban Gempa Cianjur 
Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid menyalurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur pada Rabu (23/11/2022). (Foto: dok Wahid Foundation).
Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid menyalurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur pada Rabu (23/11/2022). (Foto: dok Wahid Foundation).

Jakarta, NU Online
Wahid Foundation melalui Gus Dur for Humanity menyalurkan sejumlah bantuan untuk para warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, pada Rabu (23/11/2022). Bantuan kemanusiaan ini diserahkan langsung kepada warga di beberapa titik lokasi terdampak dan terparah.

 

Direktur Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid menyebutkan, bantuan yang disalurkan itu merupakan tahap pertama. Rinciannya, terdapat 2 ton beras, 435 paket makanan instan, 100 selimut, 50 terpal, 100 alas tidur, 50 karton biskuit, 50 karton susu bayi, 50 karton diapers, 100 paket vitamin dan obat-obatan.

 

"Bantuan yang disalurkan sesuai hasil asesmen di lapangan sebagaimana kebutuhan masyarakat terdampak saat ini," ungkap Yenny Wahid melalui keterangan tertulis yang diterima NU Online.

 

Yenny menuturkan pihaknya akan memberikan perhatian khusus kepada para kelompok rentan, terutama perempuan dan anak. Sebab menurutnya, sebagian besar korban yang meninggal adalah anak-anak.

 

Ia menekankan, kebutuhan mendesak bagi warga terdampak gempa di Cianjur saat ini adalah ketersediaan tenda-tenda darurat karena sebagian besar warga mengalami trauma untuk kembali ke rumah masing-masing. Ditambah masih kerap terjadi gempa susulan berskala ringan.

 

“Ternyata masih banyak daerah yang belum terakses sama sekali oleh bantuan. Kami memahami banyak kendala di lapangan seperti medan yang sulit, keterbatasan relawan yang sebagian fokus dalam evakuasi," jelas putri KH Abdurrahman Wahid itu.

 

Lebih lanjut, Yenny menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak aparat keamanan, relawan, pimpinan desa atau kampung setempat untuk segera membuat dapur-dapur umum yang dikelola langsung oleh warga di beberapa titik, sehingga warga juga berpatisipasi dan menjadi upaya menghilangkan rasa trauma.

 

Sebagai informasi, Wahid Foundation membuka partisipasi bagi masyarakat yang ingin menjadi relawan. Bantuan yang disalurkan itu pun merupakan hasil kumpulan donasi yang dilakukan melalui program Gus Dur for Humanity. Donasi itu kemudian dikumpulkan dari berbagai mitra Wahid Foundation bersama masyarakat yang peduli terhadap korban bencana gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 lalu.

 

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, ada 272 meninggal dunia,165 telah diidentifikasi nama dan alamatnya, serta 107 jenazah masih terus diidentifikasi. Sementara korban luka-luka terdapat 2.046 orang dan warga mengungsi sebanyak 62.545 orang.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×