Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wamenag: Idul Fitri Momentum Rajut Silaturahmi dan Kuatkan Persaudaraan

Wamenag: Idul Fitri Momentum Rajut Silaturahmi dan Kuatkan Persaudaraan
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI H Zainut Tauhid Saadi. (Foto: tangkapan layar).
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI H Zainut Tauhid Saadi. (Foto: tangkapan layar).

Jakarta, NU Online
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI H Zainut Tauhid Saadi menyebut, Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum untuk merajut tali silaturahim, menguatkan kepedulian sosial, dan memperkuat ukhuwah (persaudaraan).

 

 “Baik ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan), maupun ukhuwah basyariyah (persaudaraan kemanusiaan),” ucap Zainut dalam Acara Gema Takbir Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta, pada Ahad (1/5/2022) malam.

 

Ia menegaskan, para ulama dan pendiri bangsa telah mengajarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan menjaga keutuhan NKRI.

 

“Semoga kita mampu meneladaninya dengan memetik banyak hikmah selama kita melaksanakan ibadah Ramadhan yang telah kita lalui bersama,” ucap Zainut.

 

Perayaan Idul Fitri tahun ini, katanya, seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa kembali berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, sahabat karib, dan handai taulan di kampung halaman. Ia berharap, seluruh rangkaian Idul Fitri dapat berjalan secara aman dan sehat.

 

“Marilah kita rayakan hari kemenangan dengan penuh khidmat, penuh khusyuk, dan tanggung jawab dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

 

Selain itu, Zainut mengingatkan bahwa umat Islam telah selesai menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Menurutnya, Ramadhan adalah bulan suci dan bulan ketakwaan. Ia berharap, umat Islam yang telah menjalankan ibadah selama satu bulan penuh itu mendapat predikat hamba Allah yang lebih bertakwa.

 

“Marilah kita berdoa seraya memohon ampunan atas segala kesalahan dan kekhilafan kita bersama. Semoga kita senantiasa diberikan bimbingan dan petunjuk dalam melaksanakan tugas ke depan sebagai insan yang bertakwa kepada Allah,” ungkapnya.

 

Kemudian, Zainut Tauhid didampingi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan prosesi pemukulan bedug secara bersama-sama dan diiringi kumandang takbir. Pemukulan bedug ini menandai dimulainya Gema Takbir Akbar Nasional dan Pesan Idul Fitri 1443 H dari Masjid Istiqlal.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Aiz Luthfi
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×