Nasional

Wapres KH Ma'ruf Amin Jelaskan Keluasan Pikir Syekh Nawawi Al-Bantani 

Sab, 20 Mei 2023 | 14:00 WIB

Wapres KH Ma'ruf Amin Jelaskan Keluasan Pikir Syekh Nawawi Al-Bantani 

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Haul Ke-130 Syekh Nawawi Al-Bantani di Aula Pesantren An-Nawawi Tanara, Jl Kemuludan, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (19/5/2023) malam. (Foto: Setwapres)

Banten, NU Online 
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menuturkan tentang keluasan cara berpikir Syekh Nawawi dalam memaknai ayat-ayat Al-Qur’an sehingga mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Hal tersebut disampaikan saat menghadiri Haul Ke-130 Syekh Nawawi Al-Bantani di Aula Pesantren An-Nawawi Tanara, Jl Kp Kemuludan, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (19/5/2023) malam. 


Sebagai contoh, lanjut Kiai Ma'ruf, Syekh Nawawi menafsiri ayat khudzu hidrakum (bersiap siagalah kamu) tidak hanya dalam konteks menjaga diri dari musuh dalam perang, tetapi juga dari semua bahaya yang diduga akan datang, seperti wabah penyakit. 


"Semua bahaya yang akan datang kita harus antisipasi. Dari cara berpikir ini maka berobat itu dan menjaga diri dari wabah penyakit itu wajib. Artinya, menjaga diri dari wabah penyakit, termasuk wabah Covid-19 melalui protokol kesehatan, vaksinasi, itu berarti wajib kata Syekh Nawawi Al-Bantani," terangnya. 


Lebih lanjut, Wapres Kiai Ma'ruf juga menjelaskan bahwa Syekh Nawawi juga dikenal melalui pandangannya tentang bolehnya umat Islam mencari dunianya (rizkinya) bahkan sebanyak-banyaknya, selama tidak melalaikan kewajiban-kewajibannya kepada Allah swt. 


Adapun terkait hadis yang menyebutkan bahwa "Siapa mencintai dunianya maka membahayakan akhiratnya", Syekh Nawawi pun menerangkan bahwa hadis tersebut merujuk pada orang yang mencari dunia dengan mengerjakan hal-hal yang dilarang agama sehingga ia kehilangan akhiratnya. 


"Orang yang cinta dunia dalam arti proporsional, wajar saja, tidak berlebihan, dengan tetap menjaga kewajiban-kewajibannya pada Allah, itu bagian daripada watak manusia (manusiawi). Jadi, beliau (Syekh Nawawi) mengatakan bahwa yang tidak boleh itu kalau kita mencari rizki tidak sesuai syariah. Karena kalau tidak sesuai syariah itu berarti tidak ada (tidak bernilai)," pungkasnya. 


Hadir pada acara ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar. Hadir pula Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf sebagai tamu kehormatan untuk memimpin pembacaan shalawat. 


Profil Syekh Nawawi
Syekh Nawawi Al-Bantani lahir di Kampung Tanara, Desa Tanara, sebuah desa kecil di Kecamatan Tirtayasa (sekarang Kecamatan Tanara), Kabupaten Serang, Banten pada tahun 1230 Hijriyah atau 1815 Masehi, dengan nama Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi Al-Bantani. 


Dia adalah sulung dari tujuh bersaudara, yaitu Ahmad Syihabudin, Tamim, Said, Abdullah, Tsaqilah dan Sariyah. Ia merupakan generasi ke-12 dari Raja Pertama Banten, Sultan Maulana Hasanuddin yang juga Putra Sunan Gunung Jati, Cirebon. Nasab Syekh Nawawi melalui jalur Kesultanan Banten ini sampai kepada Nabi Muhammad saw. 


Bersama saudara-saudara kandungnya, Syekh Nawawi belajar pengetahuan dasar bahasa Arab, fiqih, tauhid, Al-Qur’an dan tafsir. Pada usia delapan tahun bersama kedua adiknya, Tamim dan Ahmad, Syekh Nawawi berguru kepada KH Sahal, salah seorang ulama terkenal di Banten saat itu. Kemudian melanjutkan kegiatan menimba ilmu kepada Syekh Baing Yusuf Purwakarta.


Saat usianya mencapai 15 tahun, Syekh Nawawi menunaikan ibadah haji dan berguru kepada sejumlah ulama masyhur di Makkah saat itu. Setelah tiga tahun bermukim di Makkah, Syekh Nawawi pulang ke Banten sekitar tahun 1828 Masehi. 


Sampai di tanah air, Syekh Nawawi menyaksikan praktik-praktik ketidakadilan, kesewenang-wenangan, dan penindasan yang dilakukan pemerintah Hindia Belanda terhadap rakyat. Tak ayal, gelora jihad pun berkobar. Sebagai intelektual yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip keadilan dan kebenaran, Syekh Nawawi kemudian berdakwah keliling Banten mengobarkan perlawanan terhadap penjajah sampai pemerintah Belanda membatasi gerakannya, seperti dilarang berkhutbah di masjid-masjid.


Bahkan Syekh Nawawi dituduh sebagai pengikut Pangeran Diponegoro yang ketika itu sedang mengobarkan perlawanan terhadap penjajahan Belanda (1825-1830 Masehi). Akibat berbagai tekanan dan pengusiran oleh Belanda, ia pun memutuskan kembali ke Makkah tepat ketika puncak terjadinya perlawanan Pangeran Diponegoro pada tahun 1830. 


Hingga akhir hayatnya, Syekh Nawawi menetap di Makkah untuk memperdalam ilmu dan mengajarkannya kepada murid-muridnya, khususnya para siswa dari Indonesia yang menuntut ilmu di tanah suci. Hingga kini Syekh Nawawi disebut sebagai guru dari para guru ulama nusantara yang telah melahirkan para ulama besar, seperti KH Kholil Bangkalan, KH Asnawi Kudus, KH Tubagus Bakri, dan KH Arsyad Thawil Banten, KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), KH Hasyim Asy'ari (pendiri Nahdlatul Ulama), serta Sulaiman Ar-Rasuli (Pendiri Persatuan Tarbiyah Islamiyah). 


Kehidupan Syekh Nawawi Al-Bantani antara lain dapat dibaca pada buku Syekh Nawawi Al-Bantani: Biografi Sosial, Intelektual dan Spiritual, karya KH Zulfa Mustofa, cicit kemenakan Syaikh Nawawi Al-Bantani yang juga Wakil Ketua Umum PBNU.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan