Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kenang Habib Zein bin Smith, Wapres: Ulama yang Luwes Bergaul

Kenang Habib Zein bin Smith, Wapres: Ulama yang Luwes Bergaul
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Habib Zein . (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Habib Zein . (Foto: Istimewa)

Banjarbaru, NU Online

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyampaikan dukacita atas meninggalnya Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Pusat Rabithah Alawiyah, Habib Zein Bin Umar Bin Smith, yang berpulang ke rahmatullah pada Rabu (10/8/2022).


“Saya ingin menyampaikan belasungkawa, telah meninggal Habib Zein bin Smith,” ungkap Wapres dalam keterangan persnya usai membuka acara One Pesantren One Product Kalimantan Selatan Expo 2022 di Lapangan dr Murjani Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (11/8/2022).


Lebih jauh, Wapres pun mengenang Habib Zein bin Smith sebagai seorang sosok ulama kharismatik dan luwes dalam bergaul, serta nasionalismenya tinggi.


“Beliau memang sangat luwes bergaul dan sangat NKRI sekali dan bekerja sama dengan pemerintah, membantu pemerintah, dan beliau bahkan juga masuk di dalam pengurus Mustasyar atau penasihat dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama,” kenang Wapres.


“Pergaulannya luas sekali, pandangannya jernih dan pikiran-pikirannya sangat moderat. Ulama yang sangat toleran di dalam pergaulannya. Saya kira Beliau adalah ulama yang patut menjadi teladan di Indonesia,” lanjutnya.


Di sisi lain, Wapres juga mengungkapkan kedekatannya dengan Habib Zein bin Smith yang telah terjalin lama, baik dalam lingkup formal maupun nonformal. Mengenang perjalanan tersebut, Wapres kembali mengutarakan belasungkawanya atas meninggalnya salah satu ulama terbaik Indonesia ini.


“Saya sangat dekat sekali, sebab setiap ada acara Rabithah Alawiyah saya selalu diundang, baik acara yang formal maupun dalam arti kita berbicara dari hati ke hati. Jadi saya sangat mengenal beliau,” tutur Wapres.


“Beliau ini ulama yang sangat disegani, yaitu pimpinan para habaib-habaib itu, beliau dulu ketuanya [Rabithah Alawiyah] dan sekarang Ketua Dewan Syuronya, penasihatnya. Jadi saya ingin mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un,” pungkasnya.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler Obituari

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×