IMG-LOGO
Daerah

Perempuan NU Kalbar Terima Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga

Sabtu 15 Desember 2018 8:30 WIB
Bagikan:
Perempuan NU Kalbar Terima Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga
Peserta training for fasilitator perencanaan keuangan keluarga di Kalbar.
Pontianak, NU Online
Ini hasil kerja sama Pimpinan Pusat (PP) serta Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kalimantan Barat. Dengan menggandeng PT Pegadaian, menggelar training for fasilitator perencanaan keuangan keluarga. Kegiatan berlangsung selama tiga hari yaitu dari Jumat hingga Ahad (14-16/12). Acara dipusatkan di gedung BKKK jalan A Arahman, Pontianak.

Peserta sebagian besar adalah kaum perempuan yang merupakan anggota majlis taklim NU, Kopri PMII Pontianak Raya, Fatayat NU dan Muslimat NU. Minat peserta demikian tinggi karena awalnya panitia menargetkan 45 orang akan tetapi yang mendaftar hingga 60 peserta.

Iin Ratnasari bahwa untuk mempersiapakan diri dalam berkeluarga banyak hal yang harus dipikirkan. “Salah satunya mengenai bagaimana mengatur keuangan keluarga khususnya bagi perempuan,” katanya, Jumat (14/12). 

"Dalam hal ini bukan seberapa besar pendapatan, akan tetapi tentang seberapa bisa kita mengatur keuangan rumah tangga" jelas Ketua PW LKKNU Kalimantan Barat (Kalbar) ini.

PP LKKNU sudah mengadakan kegiatan serupa di berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jawa Tengah, Sulawesi, Kendari termasuk Kalimantan Barat yang kali ini bertempat di Pontianak. Diharapkan dari pelatihan tersebut dapat mencetak fasilitator di tingkat PW LKKNU di kawasan Kalbar.

Imam dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Nahdlatul Ulama, dan pihak PT Pegadaian berperan sebagai pemateri atau narasumber. "Saya berharap ketika penyampaian materi kita bisa bertukar pikiran," kata Ketua PT Pegadaian ini saat sambutan.

Menurutnya, saat ini PT Pegadaian telah mengalami transformasi. “Yakni tidak melayani orang yang kepepet saja, akan tetapi juga melayani orang yang ingin berinvestasi maupun menabung,” jelasnya.


Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar yang diwakili Nasir Wahab mengatakan bahwa di provinsi ini Sumber Daya Manusianya banyak, potensinya juga banyak. “Yang menjadi kendala adalah hal finansial,” katanya. 

Pembukaan diakhiri doa yang dipimpin KH Asyari sekaligus membuka acara training for fasilitator mengenai keuangan keluarga ini. (Maulida/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
Sabtu 15 Desember 2018 23:15 WIB
Klinik RSNU Ini Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis
Klinik RSNU Ini Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis
Bondowoso, NU Online
Klinik Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Bondowoso kembali menggelar bakti sosial layanan kesehatan mata dan operasi ketarak gratis untuk masyarakat setempat.

Bakti sosial dilaksanakan selama empat hari dimulai Jumat hingga Selasa (14 -18/12) di Klinik RSNU Traktakan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Bondowoso sekaligus panasihat kegiatan, H Untung Khusairi menjelaskan bahwa baksos bekerja sama dengan LP2SM (Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Masyarakat). Tujuannya menanggulangi kerawanan kesehatan mata masyarakat. Baik itu kebutaan akibat katarak maupun gangguan penglihatan lain.

"Alhamdulillah jalannya kegiatan pada hari kedua ini lancar,” katanya, Sabtu (15/12). Dan untuk pasien yang kemarin  dioperasi, hari ini kontrol untuk ganti perban serta dilihat hasil operasi kataraknya, lanjut dia.

Kegiatan sosial ini diikuti dua ribu pasien untuk pemberian kaca mata gratis dan tiga puluh pasien protesta (pasang mata palsu), serta tiga ratus pasien penderita katarak.

Masyarakat sangat mengharapkan baksos ini untuk terus dilaksanakan. “Hal tersebut dapat dilihat dari antusias masyarakat untuk hadir, apalagi ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun,” jelasnya. 

Bakti sosial ini hasil kerja sama dengan LP2SM, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, serta John Fawcett Foundation (JFF) dari Ausralia. 

Pada pembukaan kegiatan yakni Jumat (14/12) dihadiri Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin. (Ade Nurwahyudi/Ibnu Nawawi)

Sabtu 15 Desember 2018 23:0 WIB
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir ke Pesantren Tambakberas
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir ke Pesantren Tambakberas
foto: ilustrasi
Jombang, NU Online
Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo (Jokowi) diagendakan mengunjungi Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12) mendatang.
 
Kunjungan yang dijadwalkan tiba di pesantren sekitar pukul 13.00 WIB ini akan dipusatkan di dua lokasi. Pertama di Makam Almaghfurlah KHA Wahab Chasbulloh (Mbah Wahab), yang kedua di Gedung Serba Guna KH Hasbullah Said.
 
Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas KHM  Wafiyul Ahdi mengatakan, di Makam Mbah Wahab Presiden Republik Indonesia itu akan melakukan ziarah, kemudian di Gedung Serba Guna, Jokowi menghadiri silaturahim keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum dan Forum Alumni Bahrul Ulum Tambakberas.
 
"Informasi kunjungi presiden itu benar dalam rangka silaturahim Presiden Republik Indonesia, juga ziarah ke makam Mbah Wahab," katanya singkat, Sabtu (15/12).

Pria yang juga ketua panitia silaturrahim keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum memaparkan, pihaknya juga telah menyebarkan undangan kepada masing-masing dari keluarga besar Bahrul Ulum juga kepada para alumni Bahrul Ulum Tambakberas.

Ia memastikan para undangan nantinya akan hadir dengan mengenakan pakaian serba putih.

Berdasarkan dari informasi yang beredar, orang nomor satu di Republik Indonesia ini akan mengunjungi beberapa titik. Selain di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, ia juga akan ke Pesantren Tebuireng, Darul Ulum, Rejoso Peterongan, dan Mambaul Maarif, Denanyar Jombang guna bershilaturrahim dengan para kiai dan ulama. (Syamsul Arifin/Muiz)

Sabtu 15 Desember 2018 22:0 WIB
Bentuk Kader Instruktur dan Pelatih, IPNU-IPPNU Jombang Gelar Diklat
Bentuk Kader Instruktur dan Pelatih, IPNU-IPPNU Jombang Gelar Diklat
Peserta Diklat Pelatih IPNU-IPPNU Jombang
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang, Jawa Timur menyelenggarakan Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel) selama tiga hari, Jumat hingga Ahad (14-16/12). 

Kegiatan berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Ulum, Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Jombang dan dibuka Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur, Choirul Mubtadiin.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PC IPNU Jombang, Asep Irwan mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk membentuk kader-kader instruktur bagi IPNU dan kader-kader pelatih bagi IPPNU. Salah satu tugasnya adalah mereka selalu siap mendampingi dan mengawal kegiatan kaderisasi di daerahnya masing-masing.

"Semoga para peserta nanti dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat dan menjadi kader yang punya militansi tinggi untuk organisasi," ujarnya, Sabtu (15/12).

Pria yang pernah menjabat Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Ploso itu menambahkan, acara tersebut tak hanya diikuti oleh lintas pengurus IPNU-IPPNU di Jombang saja, melainkan juga diikuti oleh kader IPNU-IPPNU dari luar Jombang. Hal ini menurutnya wujud dari begitu pentingnya pelatihan instruktur dan pelatih di tubuh IPNU-IPPNU guna memajukan organisasi.

"Ada 35 peserta, itu tidak hanya berasal dari Jombang saja, tetapi juga ada yang dari luar, seperti Bojonegoro, Tulungagung, Nganjuk, dan Pacitan," jelasnya.

Beberapa materi terkait keinstrukturan dan kepelatihan disampaikan sejumlah pemateri. (Syamsul Arifin/Muiz)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG