Rakornas Lakpesdam, Selaraskan Arah dan Gerakan Sosial

Rakornas Lakpesdam, Selaraskan Arah dan Gerakan Sosial
Rakornas Lakpesdam NU di Bekasi, Jabar
Rakornas Lakpesdam NU di Bekasi, Jabar
Bekasi, NU Online
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Senin (22-24/12).

Acara yang mengangkat tema besar 'Menuju Satu Abad NU: Merancang Arus Baru Ekonomi Nusantara dan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama ini, dilangsungkan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Kota Bekasi.

Ketua Lakpesdam PBNU KH Rumadi Ahmad berharap momentum rakornas dapat menyelaraskan arah kebijakan dan strategi gerakan sosial Lakpesdam NU se-Indonesia.

"Di samping itu juga diharapkan bisa menyusun peta jalan sumber daya manusia NU menuju satu abad NU serta menjadi arus baru ekonomi Nusantara," katanya.

Ia kemudian menyebutkan program Lakpesdam NU, salah satunya adalah pengembangan kualitas SDM yang menjadi bagian penting dari ikhtiar yang harus dilakukan oleh organisasi NU.

"Itu dilakukan secara terencana dan terus menerus," katanya.

Sedangkan ruang lingkup pengembangan SDM NU itu meliputi empat indikator. Pertama, melalui bidang pendidikan. Kedua, lewat kaderisasi guna mendidik kader penerus bagi seluruh warga NU, baik struktur maupun kultur.

Selanjutnya, Ketiga, lewat pendidikan politik. Keempat, lewat pelayanan kesehatan secara berkala.

"Lakpesdam NU dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pemberdayaan SDM bagi seluruh warga NU, keberadaannya langsung di bawah PBNU, PWNU, dan PCNU di seluruh Indonesia," pungkasnya. (Khaifah IP/Aru Elgete/Muiz)
BNI Mobile