Satkornas Banser Gelar Diklatsus Basada di Sumatera

Satkornas Banser Gelar Diklatsus Basada di Sumatera
foto: ilustrasi
foto: ilustrasi
Jakarta, NU Online
Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berikhtiar meningkatkan profesionalisme kader dengan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatus) dan Training of Trainer (TOT) Nasional Banser Husada Regional Basada wilayah Sumatera di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Asinfokom Satkornas Banser Tatang Sumantri di Jakarta, Senin (4/2) menjelaskan, kegiatan tersebut terbuka bagi 200 kader Banser/Denwatser di Sumatera yang memiliki 10 provinsi.

Ia melanjutkan, surat intruksi mengikuti Diklatsus dan TOT Nasional Basada secara resmi telah dikeluarkan Satkornas Banser dan ditandatangani Kasatkornas H Alfa Isnaeni dan ditujukan bagi Pimpinan Wilayah GP Ansor dan Satkorwil Banser.

Satuan Khusus Nasional (Satsusnas) Basada telah memutuskan, jumlah peserta Diklatsus 150 orang dan TOT 50 orang. Jika dibagi merata per provinsi di wilayah Sumatera, kuota setiap provinsi mengirim kader sejumlah 20 orang, 15 mengikuti Diklatsus, 5 orang mengikuti TOT.

"Khusus untuk TOT, Satsusnas Banser memberi kuota 20 orang kader dari luar Sumatera yang berminat mengikuti. Syarat TOT sudah ikut Diklatsus dan diutamakan sarjana bidang kesehatan," papar Asinfokom Satkornas.

Tatang yang juga Kasatkorwil Banser Lampung itu menambahkan, kegiatan pelatihan nasional itu menekankan pendidikan orang dewasa, yaitu menggunakan sebagian waktunya dan tanpa dipaksa ingin meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mengubah sikapnya dalam rangka pengembangan dirinya sebagai individu.

Ia melanjutkan, metode pelatihan berupa Focus Group Diskusi (FGD), presentasi, tanya jawab, praktik dan simulasi akan berlangsung mulai 7-10 Maret 2019 di Gedung PCNU Pringsewu, jalan Lintas Barat, Gumukrejo, Pringsewu, Lampung.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link https://bit.ly/2RAE3q5. Batas akhir pendaftaran 28 Februari 2019. Regristasi ulang peserta 6 Maret 2019 mulai pukul 15.00-23.00 WIB. Informasi dan pendaftaran Agung Rahadi Hidayat di nomor 0852 9299 7583 dan Feri Alfianto di nomor 0857 6878 5351. (Gatot Arifianto/Muiz)
BNI Mobile