IMG-LOGO
Nasional

Jelang Seabad NU, Ini Harapan Ketua Ansor Banten


Selasa 5 Februari 2019 20:00 WIB
Bagikan:
Jelang Seabad NU, Ini Harapan Ketua Ansor Banten
Ketua PW GP Ansor, Ahmad Nuri
Serang, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Banten, Ahmad Nuri ikut serta memanjatkan harapan menjelang satu abad Nahdlatul Ulama. Menurutnya, sepanjang sejarah, NU sudah terbukti memiliki peran besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak penjajah sampai dengan kemerdekaan. 

Untuk itu di usia yang sudah tidak muda lagi, Ahmad Nuri berharap NU menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin. Perjalanan 100 tahun, ujar dia, adalah perjalanan panjang yang penuh dengan tantangan terutama tantangan melawan ekstrimisme yang masuk ke Indonesia sejak  belasan tahun yang lalu. 

"Perjalanan NU dari sebelum merdeka dan pasca kemerdekaan jelas melawan musuh musuh bangsa, seperti Belanda, Jepang.  Kemudian melawan komunis, termasuk PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia) dan DI/TII itu contoh tahun 48, dan keterlibatan NU sangat luar biasa," kata Nuri kepada NU Online, Selasa (5/2). 

Ia juga mengatakan berupaya untuk merevitalisasi semangat kebangsaan pemuda NU dengan menolak penjajahan era baru yakni penjajahan melalui paham ekstrem yang bertebaran di wilayah Banten. Menurut Nuri, paham ekstrem adalah paham yang dibawa dari luar yang memiliki ideologi selain Pancasila. 

"Kedua memperkokoh kolektivitas keluarga NU, silaturahim dan ukhuwah kita, dengan cara melakukan kembali gerakan yang sekarang dikembangkan oleh kaum kaum garis keras, kita akan merebut kembali masjid masjid, mushala-mushala sehingga secara kultural  masjid masjid NU tidak mudah diambil dan dikuasai orang yang memiliki paham radikal," paparnya.

Selain itu, di satu Abad Nahdlatul Ulama ini kunci agar pemuda NU kuat adalah melakukan kerja kerja nyata untuk mempertahankan ideologi Ahlusunnah wal Jamaah seperti melakukan kaderisasi semua tingkatan yang ada di Ansor. (Abdul Rahman Ahdori/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG