Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

TPQ Siapkan Generasi Qurani yang Cinta NKRI

TPQ Siapkan Generasi Qurani yang Cinta NKRI
Pelantikan Badko TPQ Brebes, Jateng
Pelantikan Badko TPQ Brebes, Jateng
Brebes, NU Online
Ketua Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Al- Qur'an (TPQ) Jawa Tengah KH Ateng Chozany Miftah bertekad menyiapkan generasi yang Qur'ani dan Cinta NKRI. Untuk mewujudkannya, Badko TPQ Jateng terus melakukan berbagai inovasi dan kreativitas pembelajaran berkualitas, termasuk pemenuhan ustadz, dan jumlah santri.

Demikian disampaikan Ketua Badko TPQ Jateng H Ateng Chozani Miftah saat melantik Pengurus Badko TPQ Kabupaten Brebes masa Khidmat 2019-2023 di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (7/1).

Menurutnya, pelantikan hanyalah formalitas administratif saja, karena sesungguhnya melaksanakan tugas-tugas dan mengatasi masalah yang ada adalah tanggung jawab yang hakiki dalam kiprah selanjutnya.

H Ateng kepada kepengurusan yang baru dilantik berharap dapat menjalankan program program yang telah ada dengan lebih baik. Semangat menjalankan roda organisasi harus dilandaskan kecintaan terhadap Allah SWT, Rasulullah, dan kecintaan terhadap Al-Qur'an.

Ia juga berharap agar Badko TPQ yang baru dapat memasukan nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran TPQ, agar ke depan tumbuh santri-santri generasi penerus bangsa yang cinta NKRI.

Ucapan selamat juga disampaikan Bupati Brebes dalam sambutan yang dibacakan Asisten bidang Pemerintahan dan Sosial Sekda Brebes H Athoillah Syatori. Bupati juga berharap keberadaan Badko TPQ bisa mewarnai tumbuh dan berkembangnya TPQ di Kabupaten Brebes berjalan dengan baik sehingga tumbuh secara kuantitatif maupun kualitatif.

"Kepengurusan baru diharapkan kreatif dan inovatif dengan mencari trobosan baru dalam mewujudkan tata kelola TPQ di Kabupaten Brebes yang lebih baik," ajaknya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes H Mahrus mengatakan, jumlah TPQ yang terdaftar dan mendapatkan izin oprasional di Kabupaten Brebes sebanyak 1.063 lembaga. Namun yang masuk data base EMIS baru sekitar 715 lembaga dengan Jumlah santri 64.791 dan Jumlah ustad ustadzah sebanyak 3.838. 

Namun dari jumlah tersebut karena kevakuman kepengurusan yang lama, hanya 263 ustad ustadzah yang terdata dan dinyatakan layak oleh biro kesra propinsi Jawa Tengah. Sehingga masalah tersebut saat ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pengurus yang baru untuk menyelesaikanya.

Tampak hadir Kepala Bagian Kesra H Ahmad Makmun, Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab Brebes Ujang Puri, serta Kepala KUA se-Kabupaten Brebes. (Wasdiun/Muiz)
Posisi Bawah | Youtube NU Online