IMG-LOGO
Nasional

Bukan Hanya Seni, Musik Bagi Warga NU Juga Jadi Media Dakwah


Selasa 12 Februari 2019 20:00 WIB
Bagikan:
Bukan Hanya Seni, Musik Bagi Warga NU Juga Jadi Media Dakwah
Jakarta, NU Online
Musik bukan saja perihal seni, hiburan, dan pasar. Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Depok melihat ada dimensi lain dari seni, yakni dakwah.

"Seni musik bukan sebatas pemahaman pasar dan hiburan tapi kita sebagai Nahdliyin ada misi dakwah yang tidak bisa kemudian kita batasi dengan berbagai macam aturan," kata Nur Arif, penasihat Lesbumi PCNU Depok, saat Focus Grup Discussion Qanuniyah RUU Permusikan Pra-Munas Konbes 2019 NU, di Gedung PBNU lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (11/2).

Baginya, musik juga merupakan media dakwah sehingga dimensi ini juga perlu diperhatikan. Hal inilah yang dilakukan pesantren dalam memanfaatkan instrumen budaya tersebut. Sebab, arus kuat transnasionalisme perlu dibendung.

"Begitu banyak arus kuat, liberalisme transnasionalisme yang kita hadapi dan ini akan banyak mengikis jati diri bangsa kita," terangnya.

Persoalan lain menurut akademisi biomedik Universitas Indonesia yang juga penggemar musik ini adalah sertifikasi. Hal ini mengingat masyarakat pesantren, termasuk ibu-ibu majelis taklim yang kerap kali memodifikasi lagu shalawat dengan iringan musik.

"Terus ini bagaimana? Apakah ini perlu disertifikasi nanti?" Katanya.

Di samping itu, RUU Permusikan juga menurutnya terkesan membirokratisasi seni kebudayaan. Sebab, seniman diatur dengan berbagai syaratnya dalam Undang-Undang.

"Sesuatu yang bersifat kreatif tidak bisa didekati dengan pendekatan yang sangat prosedural dan rasional," ujarnya.

Arif juga mengungkapkan bahwa keragaman Indonesia tidak bisa disatukan begitu saja pada aspek musik ini dengan pendekatan barat. Sebab, masing-masing punya ciri khas. Mestinya lebih tepat jika dimasukkan dalam bahasa hukum adalah teks spesialis.

"Baseline pendekatan barat ini kadang-kadang tidak connected (terhubung) dengan pendekatan yang ada di kalangan kita sendiri, terutama dalam tradisi pesantren, misalnya," ucapnya. (Syakir NF/Muhammad Faizin)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG