IMG-LOGO
Jelang Muktamar NU

KH Masdar: Pesan Islam Paling Tegas untuk Negara adalah Keadilan


Sabtu 16 Februari 2019 10:30 WIB
Bagikan:
KH Masdar: Pesan Islam Paling Tegas untuk Negara adalah Keadilan
Banten, NU Online
Ketua Steering Committee Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama KH Masdar Farid Masudi mengemukakan bahwa sekali pun dalam Al-Qur'an dan hadits tidak terdapat istilah “negara Islam”, namun Islam dipastikan membahas tentang negara.

“Memang Islam mesti bicara soal negara karena negara itu syai’un ‘alim, a’zhamul asyya’ fil ‘alam adalah negara,” kata Kiai Masdar di Pesantren Al-Hasaniyah Rawalini, Teluknaga, Tangerang, Banten, Jumat (15/2).

Sebab menurut Kiai Masdar, negara memiliki kuasa dan pengaruh sangat besar di bumi. Negara bisa menghidupi banyak orang dan menjamin keselamatannya. Sebaliknya, negara juga bisa menghancurkan dan membunuhnya.

“Itu negara itu. Jadi di bawah kolong langit ini yang terbesar sesudah Allah subhanahu wa ta’ala adalah negara. Jadi subjek terbesar di alam semesta ini sesudah Tuhan adalah negara,” ucapnya.

Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, wilayahnya termasuk terluas di dunia, beragam bahasa, agama, dan sukunya, sistem politiknya terbuka, tapi mempunyai daya tahan sehingga tidak hingga kini masih bertahan.

“Tidak ada yang lebih dasyat anugerah Allah untuk manusia di muka bumi ini sedasyat Indonesia. Sekali lagi kita diberi hidayah untuk tidak menyebut negeri ini sebagai negeri Islam. Ini hidayah ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, meskipun istilah negara tidak ada dalam Al-Qur’an dan hadits, namun terdapat pesan yang menjadi acuan moral dan paling tegas dari Islam, yakni keadilan.

“Agenda penguasa yang paling penting adalah menegakkan keadilan,” jelasnya. (Husni Sahal/Alhafiz K)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG