::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Haul ke-9 Gus Dur di Solo, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sabtu, 23 Februari 2019 08:45 Nasional

Bagikan

Haul ke-9 Gus Dur di Solo, Ini Rangkaian Kegiatannya
foto: istimewa
Solo, NU Online
Peringatan haul ke-9 KH Abdurrahman Wahid akan digelar di Kota Solo. Pada momen haul ini akan diisi sejumlah acara, yang puncaknya bakal digelar pada, Sabtu (23/2) malam, di Stadion Sriwedari, Solo.

Ketua panitia haul, Husein Syifa mengatakan, haul ini digelar berdasarkan inisiatif masyarakat Solo. Diperkirakan Husein, akan ada 101 ribu orang dari berbagai komunitas, agama dan etnis yang akan memeriahkan haul.

"Kami memperingati haul Gus Dur dengan nama ini, KPA (Kanjeng Pangeran Aryo) KH Abdurrahman Wahid. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan keraton untuk orang di luar keluarga," kata Husein dalam jumpa pers, Kamis (21/2).

Ditambahkan Husein, haul ini rencananya akan dihadiri beberapa tokoh seperti KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Yenny Wahid, Mahfud MD, AS Hikam, Inayah Wahid, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan lain-lain.

Lebih lanjut dipaparkan dia, rangkaian acara haul Gus Dur telah dimulai pada Jumat (22/2), dengan agenda khotmil qur'an di Pondok Pesantren Al-Muayyad, Laweyan, Solo.  Siang harinya akan dilanjutkan dengan bedah buku 'Gus Dur Islam Nusantara dan Kewarganegaraan Bhinneka' yang ditulis Ahmad Suaedy, di tempat yang sama.

Adapun pada Sabtu (23/2) pagi, digelar diskusi bertajuk Mbabar Pitutur Kamanungsan Gus Dur di Pendapa Gede Balai Kota Surakarta. Siangnya, sekitar 101 ribu orang akan mengikuti kirab kebangsaan menuju Stadion Sriwedari. "Kirab kemudian dilanjutkan dengan acara haul yang akan dimulai pukul 19.00 WIB. Acara diperkirakan selesai pukul 22.15 WIB," pungkas Husein. (Ajie Najmuddin/muiz)