Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LFNU Jombang Ukur Arah Kiblat Masjid Dekat Eks Lokalisasi

LFNU Jombang Ukur Arah Kiblat Masjid Dekat Eks Lokalisasi
Ukur arah kiblat sebelum pembangunan masjid oleh LFNU Jombang
Ukur arah kiblat sebelum pembangunan masjid oleh LFNU Jombang
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur sudah yang kesekian kalinya memberi pelayanan pengukuran kiblat untuk masjid yang akan dibangun masyarakat. 

Kali ini adalah masjid yang keberadaannya tidak jauh dari eks lokalisasi di Dusun Weru, Desa Mojongapit, Jombang. "Lokasi masjid dekat dulunya eks lokalisasi Weru," kata Ketua PC LFNU Jombang, Mujazun, Rabu (6/3). Diharapkan dengan adanya masjid ini tidak ada lagi kenakalan remaja, narkoba dan pergaulan bebas.

Mujazun mengungkapkan, tanah masjid hasil wakaf almarhum Rahmat itu, pembangunannya akan diambilkan dari jariyah warga sekitar. Insyaallah penggalian pondasi akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2019," ujarnya.

Dalam perjalanannya nanti imbuh dia, tempat ibadah umat Islam yang rencananya akan diberi nama Masjid Al-Wakil itu bisa dimakmurkan oleh warga sekitar. "Semoga masyarakat menjadi ahli memakmurkan masjid dan lingkungannya menjadi sholihin sholihat," ucapnya.

Sementara untuk pengukuran masjid itu, di antaranya menggunakan kompas kiblat dan berpedoman pada selisih bayangan matahari dengan kiblat.  "Pengukuran kiblat untuk mushalla dan masjid sangat dibutuhkan ketika hendak membangunnya, sehingga ketika sudah jadi maka tidak menimbulkan keraguan kebenaran arah kiblatnya," jelasnya.

Hadir dalam pengukuran ini Kepala Desa Mojongapit, anak dari wakif juga dari  perwakilan LDNU tingkat MWCNU Jombang, Khoirul Anam. 

Arah kiblat dan pengukurannya menjadi salah satu tugas pokok yang berada di pundak Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) sebagai pelaksana program Nahdlatul Ulama yang memerlukan penanganan khusus. Untuk itulah digelar program Pengukuran Arah Kiblat 1094 Masjid Nusantara. Tujuan utama program ini adalah untuk mengukur kembali sekaligus menyertifikasi arah kiblat bagi masjid-masjid di segenap penjuru Indonesia, khususnya yang dikelola Nahdliyin. 

Selain pengukuran arah kiblat, Lembaga Falakiyah juga memiliki tugas lain yakni mengelola masalah ru’yah, hisab, dan pengembangan iImu falak. (Syamsul Arifin/Muiz)

Posisi Bawah | Youtube NU Online