::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

PWNU Jatim Peduli Kirim Bantuan Kesehatan ke Lokasi Banjir Ngawi

Senin, 11 Maret 2019 18:00 Nasional

Bagikan

PWNU Jatim Peduli Kirim Bantuan Kesehatan ke Lokasi Banjir Ngawi
Salah satu kawasan banjir di Ngawi, Jatim (dok. Antara)
Jombang, NU Online
Salah satu wilayah yang cukup parah terimbas banjir adalah Kabupaten Ngawi. Dan berdasarkan rapat koordinasi sejumlah lembaga di Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur segera mengirim bantuan kesehatan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan HM Zulfikar As’ad kepada media ini, Senin (11/3). “Kala itu rapat dihadiri Lembaga Kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama atau Arsinu, Lembaga Kemaslahatan Keluarga, Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama, dan koordinator bidang kesehatan dan sosial dari PWNU Jatim,” kata Ketua Arsinu ini.

Secara lebih detil, Gus Ufik, sapaan akrabnya mengemukakan aksi kegiatan tersebut. “Pertama melakukan aksi bakti sosial kesehatan di Ngawi dengan bendera PWNU Jatim Peduli yang merupakan sinergi dari banyak lembaga,” ungkapnya.

Bahkan dari hasil koordinasi dengan Wakil Bupati Ngawi, sejumlah layanan kesehatan akan diturunkan ke kawasan terdampak banjir. “Soal lokasi akan ditentukan kemudian berdasarkan asesmen tim dari Pemerintah Kabupaten Ngawi,” jelas wakil rektor di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang tersebut.

Untuk bakti sosial kesehatan akan dilaksanakan Selasa (12/3). “Itu akan berlangsung di tiga kecamatan, dan setiap kecamatan akan ada 3 hingga 4 tim kesehatan. Sehingga total ada 10 tim kesehatan,” kata alumnus program doktor di Universitas Airlangga (Unair) ini. 

Lebih rinci, Gus Ufik mengemukakan bahwa setiap tim kesehatan minimal didampingi seorang dokter, dua perawat dan sopir dengan perangkatnya. “Mereka dikirim oleh sepuluh rumah sakit anggota Arsinu,” bebernya.

Tidak hanya itu, juga diperkuat anggota tim dari Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama atau PDNU. “Masing-masing ada 5 hingga 10 dokter, juga relawan yang merupakan 10 dokter dan 10 perawat,” katanya.

Bagaimana dengan kebutuhan logistik? “Itu berada di bawah kendali Pengurus Wilayah Lembaga Kemaslahatan Keluarga atau PW LKKNU Jatim,” terangnya. Dan untuk komandan lapangan diserahkan pada Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan NU Ngawi, lanjutnya.

Titik kumpul seluruh tim akan dimulai di Rumah Sakit Unipdu Medika, Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang kemudian berangkat beriringan menuju Ngawi. “Logistik juga akan dibagi saat di RS Unipdu Medika,” tandasnya.

Sedangkan sejumlah rumah sakit yang akan berpartisipasi pada kegiatan Selasa (12/3) antara lain: RSI Siti Hajar Sidoarjo, RSI Sakinah Mojokerto, RSI Unisma Malang, RS Unipdu Jombang, RSNU Tuban, RSNU Jombang, RSI A Yani Surabaya, RSI Jemursari Surabaya, RSNU Lamongan, RSI Syuhada Haji Blitar, RSI Jemursari Surabaya, RSI A Yani Surabaya, serta RSI Darus Syifa Surabaya. (Ibnu Nawawi