IMG-LOGO
Fragmen

Sanad Shahih Bukhari KH Sahal Mahfudh

Jumat 17 Mei 2019 4:0 WIB
Bagikan:
Sanad Shahih Bukhari KH Sahal Mahfudh
Dalam tradisi keilmuan Islam sanad memegang peranan epistemologis yang sangat penting. Sanad memegang peranan penting karena kepemilikan sanad adalah semacam jaminan bahwa keilmuan kita didapatkan dari pemegang otoritas agama itu sendiri. Bukan suatu yang didapatkan secara sembarangan. Inilah yang membedakan antara ajaran Islam dengan keilmuan yang lain. Secara ilmiah dalam kajian ilmu hadits, sanad adalah salah satu bagian penting dalam penelitian (takhrij) hadits.

Tradisi sanad ini masih dipertahankan di berbagai pesantren sampai saat ini. Banyak tokoh-tokoh pesantren semacam Hadlratusyekh Hasyim Asy’ari merupakan pemegang sanad yang penting dalam keilmuan Islam. Syaikh Mahfudh Termas misalnya, guru Hadlratus Syaikh itu berdasarkan penelitian Abdurrahman Mas’ud (2004) dalam disertasinya mengatakan bahwa ia (Syekh Mahfud) adalah pemegang sanad terakhir Shahih Bukhari. 

Bahkan Syaikh ‘Aud Karim Al-Maliki seorang tokoh agama dan tasawuf dari Sudan dalam lawatan ilmiahnya ke Pesantren Rejoso beberapa bulan lalu mengatakan bahwa: “Tidak ada sanad keilmuan dalam bidang apapun baik Tafsir, Hadits, Fiqih, Tasawuf yang tidak melewati ulama Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia.” Yang dimaksudkan beliau adalah tokoh-tokoh seperti: Syaikh Nawawi Banten, Syaikh Mahfud Termas, Syaikh Hasyim Asy’ari dan Syaikh Yasin Al-Fadani.

Kiai Sahal Mahfudh adalah salah satu dari Ulama Besar Nahdlatul Ulama yang keilmuannya diakui secara nasional. Bahkan Ide-idenya banyak dibawakan oleh Gus Dur ke kancah Internasional dan mendapatkan sambutan yang baik. Kiai Sahal sebagai murid dari Syaikh Zubair dan Syaikh Mahfud Termas masih mempertahankan tradisi keilmuan pesantren secara kuat. Ia termasuk pemegang sanad penting berbagai kitab pada masa sekarang.

Berkaitan dengan itulah maka dalam tulisan ini ingin disajikan sanad Shahih Bukhari dari penulisnya sampai kepada Kiai Sahal Mahfud. Berikut ini sanad Kitab Hadits Sahih Bukhari Kiai Sahal Mahfud:

Jalur pertama:
Kiai Sahal Mahfud mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. Syaikh Zubair bin Dahlan As-Sarani*) (Ayah Kiai Maimun Zubair) & Syaikh Yasin Al-Fadani*); Beliau berdua menerima dari:
2. (a) Kiai Baqir bin Nur Al-Jugjawi kemudian Al-Makki*) & (b) Kiai Ahmad Baidhawi bin Abdil Aziz Al-Lasimi dan (c) Syaikh Umar bin Hamdan Al-Mahrusi (Muhaddits Haramain); beliau bertiga menerima dari :
3. Syaikh Mahfud bin Abdillah At-Tirmasi; beliau menerima dari:
4. Kiai Abdullah bin Abdul Mannan At-Tirmasi; beliau menerima dari:
5. Kiai Abdul Mannan bin Abdillah bin Ahamad At-Tirmasi; beliau menerima dari:
6. Syaikh Abdus Shamad Al-Falimbani (tinggal di Makkah); beliau menerima dari:
7. As-Syaikh ‘Aqib bin Hasanuddin bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
8. Syaikh Thayyib bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
9. Syaikh Ja’far bin Muhammad bin Badruddin Al-Falimbani; beliau menerima dari:
10. Syaikh Muhammad bin ‘Alauddin Al-Babili Al-Mishri; beliau menerima dari:
11. Syaikh Ali bin Yahya Az-Zayadi; beliau menerima dari:
12. Syaikh Ali bin Abdillah Al-Halabi; beliau menerima dari:
13. Syaikh Zakariya bin Muhammad Al-Anshari; beliau menerima dari:
14. Al-Hafid Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar Al-‘Asqalani; beliau menerima dari:
15. Syaikh Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhy; beliu menerima dari:
16. Abil Abbas Ahmad bin Abi Thalib Al-Hajar Ad-Dimasyqi; beliau belajar dari:
17. Syaikh Siraj Al-Husain Al-Mubarak Az-Zabidi; beliau menerima dari:
18. Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sajizi Al-Hirawi; beliau menerima dari;
19. Abil Hasan Abdirrahman bin Mudzaffar Al-Dawudi; beliau menerima dari: 
20. Abi Muhammad Abdillah bin Hawiyyah As-Sarkhasy; beliau menerima dari: 
21. Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Farbari; beliau menerima dari:
22. Amiril Mu’mini fil Hadits Al-Imam Al-Hafidh Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari Al-Ju’fy.

Jalur kedua:
Kiai Sahal mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. Syaikh Yasin Al-Fadani; beliau menerima dari:
2. (a) Kiai Abdul Muhith bin Ya’qub Panji Sidorejo & (b) Sayyid Ali Ali bin Ali Al-Habsyi Al-Madani; beliau berdua menerima dari:
3. Kiai Umar bin Sholeh Al-Samarani; beliau menerima dari:
4. Kiai Sholeh bin Umar As-Samarani; beliau menerima dari:
5. Syaikh Abdus Shamad bin Abdirrahman Al-Falimbani; beliau menerima dari:
6. As-Syaikh ‘Aqib bin Hasanuddin bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
7. Syaikh Thayyib bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
8. Syaikh Ja’far bin Muhammad bin Badruddin Al-Falimbani; beliau menerima dari:
9. Syaikh Muhammad bin ‘Alauddin Al-Babili Al-Mishri; beliau menerima dari:
10. Syaikh Ali bin Yahya Az-Zayadi; beliau menerima dari:
11. Syaikh Ali bin Abdillah Al-Halabi; beliau menerima dari:
12. Syaikh Zakariya bin Muhammad Al-Anshari; beliau menerima dari:
13. Al-Hafid Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar Al-‘Asqalani; beliau menerima dari:
14. Syaikh Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhy; beliu menerima dari:
15. Abil Abbas Ahmad bin Abi Thalib Al-Hajar Ad-Dimasyqi; beliau belajar dari:
16. Syaikh Siraj Al-Husain Al-Mubarak Az-Zabidi; beliau menerima dari:
17. Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sajizi Al-Hirawi; beliau menerima dari;
18. Abil Hasan Abdirrahman bin Mudzaffar Al-Dawudi; beliau menerima dari: 
19. Abi Muhammad Abdillah bin Hawiyyah As-Sarkhasy; beliau menerima dari: 
20. Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Farbari; beliau menerima dari:
21. Amiril Mu’mini fil Hadits Al-Imam Al-Hafidh Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari Al-Ju’fy.

Jalur ketiga:
Kiai Sahal mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. Syaikh Yasin Al-Fadani; beliau menerima dari:
2. (a) Al-Allamah Asy-Syaikh Ali bin Abdillah Al-Banjari; dan (b) Syaikh Khalid bin Utsman Az-Zubaidi; keduanya belajar kepada:
3. Syaikh Zainuddin bin Badawi As-Sumbawi; beliau menerima dari:
4. Syaikh Adul Karim As-Sambasi; beliau menerima dari:
5. Syaikh Nawawi bin Umar Al-Bantani Al-Jawi; beliau menerima dari:
6. Syaikhah Fathimah binti Abdus Shamad Al-Falimbani; beliau menerima dari: 
7. Syaikh Abdus Shamad bin Abdirrahman Al-Falimbani; beliau menerima dari:
8. As-Syaikh ‘Aqib bin Hasanuddin bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
9. Syaikh Thayyib bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
10. Syaikh Ja’far bin Muhammad bin Badruddin Al-Falimbani; beliau menerima dari:
11. Syaikh Muhammad bin ‘Alauddin Al-Babili Al-Mishri; beliau menerima dari:
12. Syaikh Ali bin Yahya Az-Zayadi; beliau menerima dari:
13. Syaikh Ali bin Abdillah Al-Halabi; beliau menerima dari:
14. Syaikh Zakariya bin Muhammad Al-Anshari; beliau menerima dari:
15. Al-Hafid Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar Al-‘Asqalani; beliau menerima dari:
16. Syaikh Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhy; beliu menerima dari:
17. Abil Abbas Ahmad bin Abi Thalib Al-Hajar Ad-Dimasyqi; beliau belajar dari:
18. Syaikh Siraj Al-Husain Al-Mubarak Az-Zabidi; beliau menerima dari:
19. Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sajizi Al-Hirawi; beliau menerima dari;
20. Abil Hasan Abdirrahman bin Mudzaffar Al-Dawudi; beliau menerima dari: 
21. Abi Muhammad Abdillah bin Hawiyyah As-Sarkhasy; beliau menerima dari: 
22. Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Farbari; beliau menerima dari:
23. Amiril Mu’mini fil Hadits Al-Imam Al-Hafidh Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari Al-Ju’fy.

Jalur keempat:
Kiai Sahal mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. Syaikh Yasin Al-Fadani; beliau menerima dari:
2. Syaikh Abdul Karim bin Ahmad Khatib bin Abdil Lathif bin Muhammad Ali bin Ahmad Al-Minagkabawi; beliau menerima dari:
3. Al-Allamah As-Syaikh Ahmad bin Abdil Latif Al-Khatib Al-Minangkabawi; beliau belaja kepada:
4. Syaikh Nawawi bin Umar Al-Bantani Al-Jawi; beliau menerima dari:
5. Syaikhah Fathimah binti Abdus Shamad Al-Falimbani; beliau menerima dari: 
6. Syaikh Abdus Shamad bin Abdirrahman Al-Falimbani; beliau menerima dari:
7. As-Syaikh ‘Aqib bin Hasanuddin bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
8. Syaikh Thayyib bin Ja’far Al-Falimbani; beliau menerima dari:
9. Syaikh Ja’far bin Muhammad bin Badruddin Al-Falimbani; beliau menerima dari:
10. Syaikh Muhammad bin ‘Alauddin Al-Babili Al-Mishri; beliau menerima dari:
11. Syaikh Ali bin Yahya Az-Zayadi; beliau menerima dari:
12. Syaikh Ali bin Abdillah Al-Halabi; beliau menerima dari:
13. Syaikh Zakariya bin Muhammad Al-Anshari; beliau menerima dari:
14. Al-Hafid Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar Al-‘Asqalani; beliau menerima dari:
15. Syaikh Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhy; beliu menerima dari:
16. Abil Abbas Ahmad bin Abi Thalib Al-Hajar Ad-Dimasyqi; beliau belajar dari:
17. Syaikh Siraj Al-Husain Al-Mubarak Az-Zabidi; beliau menerima dari:
18. Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sajizi Al-Hirawi; beliau menerima dari;
19. Abil Hasan Abdirrahman bin Mudzaffar Al-Dawudi; beliau menerima dari: 
20. Abi Muhammad Abdillah bin Hawiyyah As-Sarkhasy; beliau menerima dari: 
21. Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Farbari; beliau menerima dari:
22. Amiril Mu’mini fil Hadits Al-Imam Al-Hafidh Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari Al-Ju’fy.

Jalur kelima:
Kiai Sahal mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. (a) Kiai Zubair bin Dahlan As-Sarani*) (Ayah Kiai Maimun Zubair) & (b) Syaikh Yasin Al-Fadani;*) beliau berdua belajar kepada:
2. As-Syaikh Al-Allamah Muhammad Baqir bin Nur Al-Jugjawy*); beliau menerima dari:
3. Syaikh Mahfud At-Tirmasi; beliau belajar (dengan khatam sebanyak 4 kali, dan diiringi penyempurnaan apa yang terlewat) beliau menerima dari:
4. As-Sayyid As-Syaikh Abi Bakar Muhammad Shatha Al-Makki; beliau menerima dari:
5. Syaikh Ahmad Zaini Dahlan; beliau menerima dari:
6. Syaikh Utsman bin Hasan Ad-Dimyathi; beliau menerima dari:
7. Syaikh Muhammad Ali As-Syanwani; beliau menerima dari:
8. Syaikh Isa bin Ahmad Al-Barawi; beliau menerima dari:
9. Syaikh Muhammad Ad-Dufry; beliau menerima dari:
10. Syaikh Salim bin Abdillah Al-Bashri; beliau menerima dari:
11. Syaikh Abdillah bin Salim Al-Bashri; beliau menerima dari:
12. Syaikh Muhammad bin ‘Alauddin Al-Babili; beliau menerima dari:
13. Syaikh Salim bin Muhammad As-Sanhury; beliau menerima dari:
14. Syaikh An-Najm Muhammad bin Ahmad Al-Ghaythi; beliau menerima dari:
15. Syaikh Islam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi; beliu belajar kepada:
16. Al-Hafid Ahmad bin Ali  bin Hajar Al-‘Asqalani; beliau menerima dari:
17. Ibrahim bin Ahmad At-Tanukhi; beliau menerima dari:
18. Abil Abbas Ahmad bin Thalib Al-Hajjar; beliau menerima dari:
19. Al-Husain bin Al-Mubarak Az-Zabidi; beliau menerima dari:
20. Abil Waqt Abdil Awwal bin Isa As-Sijzi; beliau menerima dari:
21. Abil Hasan Abdirrahman bin Mudzaffar bin Dawud Ad-Dawudi; beliau menerima dari:
22. Abi Muhammad Abdillah bin Ahmad As-Sarakhsy; beliau menerima dari:
23. Abi Abdillah Muhammad bin Yusuf bin Mathar Al-Firaby; beliau menerima dari:
24. Al-Imam Al-Hafid Al-Hujjah Abi Abdillah Muhammad bin Ismail Ibni Ibrahim Al-Bukhary.

Jalur keenam:
Kiai Sahal mengaji Kitab Sahih Bukhari kepada:
1. (a) Kiai Zubair bin Dahlan As-Sarani*) (Ayah Kiai Maimun Zubair) & (b) Syaikh Yasin Al-Fadani;*) beliau berdua menerima dari:
2. As-Syaikh Al-Allamah Muhammad Baqir bin Nur Al-Jugjawy*); beliau menerima dari:
3. Syaikh Mahfud At-Tirmasi; beliau menerima dari:
4. Sayyid Husain bin Muhammad Al-Habsyi; beliau menerima dari:
5. Sayyid Muhammad bin Husain Al-Habsyi; beliau menerima dari:
6. Syaikh Umar bin Abdul Karim Al-‘Atthar; beliau menerima dari:
7. Sayyid Ali bin Abdil Barri Al-Wina’iy; beliau menerima dari:
8. Abdil Qadir bin AHma bin Muhammad Al-Andalusy; beliau menerima dari:
9. Muhammad bin Abdullah Al-Idrisy; beliau menerima dari:
10. Al-Qutb Muhammad ‘Alauddin An-Nahrawaly; beliau menerima dari:
11. ‘Alauddin An-Nahrawali; beliau menerima dari:
12. Abil Futuh Ahmad bin Abdillah At-Thawusi; beliau menerima dari:
13. Baba Yussuf Al-Hirawi; beliau menerima dari:
14. Muhammad bin Syadz Al-Firaghy; beliau menerima dari:
15. Muhammad bin Yusuf Al-Firbary; beliau menerima dari:
16. Al-Imam Al-Hafid bin Al-Hujjah bin Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Al-Bukhary

Keterangan:
1) Tanda asterisk (*) adalah berdasarkan catatan pribadi Kiai Sahal Mahfudh kepada Kiai Hannan Ma’shum Kwagena Kediri yang ditulis pada bagian permulaan kitab Kifayatul Mustafid lima ala minal Asanid Karya Syaikh Mahfud termas. Tulisan lengkap Kiai Sahal Mahfud tersebut adalah demikian:

هذية لفضيلة الشيخ الكياهى الحاج عبد الحنان كواكيان-فاري مقرونة بالتحية والإجازة من البائس الفقير أبى رزين محمد أحمد سهل محفوظ الحاجينى عن شيخه العلامة الكياهى زبير بن دحلان السارانى وشيخه العلامة محمد ياسين بن عيسى الفادانى المكى كلاهما عن العلامة محمد باقر بن نور الجكجاوى المكى عن المؤلف.
Artinya:
(Kitab Kifayatul Mustafid karya Syaikh Mahfud Termas ini diberikan sebagai) hadiah kepada yang mulia Syaikh Kiai Haji Abdul Hannan Kwagean-Pare sembari bersamaan dengan itu pula diberikan kepadanya penghormatan dan ijazah (wewenang otoritatif) dari Al-Ba’is Al-Faqir Abi Razin Muhammad Ahmad Sahal Mahfud Al-Kajeni dari Gurunya Al-Allamah Kiai Zubair bin Dahlan Sarang, dan Gurunya pula Al-Allamah Muhammad Yasin bin Isa Al-Fadani Al-Makki. Yang mana keduanya mendapatkan ijazah dari Al-Allamah Muhammad Baqir bin Nur Al-Jugjawy dan yang terakhir ini mendapatkan langsung dari penulis sanad ini.
 
2) Jalur pertama sampai dengan keempat adalah sebagaimana terdapat dalam Kitab: Al-‘Iqdul Farid min Jawahir Al-Asanid karya: Syaikh Yasin bin Isa Al-Fadani.
3) Adapun jalur kelima dan keenam adalah berdasarkan kitab Kifayatul Mustafid lima ‘Ala minal Asanid. Melalui jalur keempat ini pula Hadlratus Syaikh Hasyim Asy’ari mendapatkan sanadnya.



Sumber:
1. Kitab: Kifayah Al-Mustafid lima ‘Ala min Al-Asanidi. Karya: Syaikh Muhammad Mahfudh bin Abdillah At-Tirmasi (tt).
2. Kitab: Al-‘Iqdul Farid min Jawahir Al-Asanid. Karya: Syaikh Yasin bin Isa Al-Fadani (tt).
3. Buku: Intelektual Pesantren; Perhelatan Agama dan Tradisi. Karya: Abdurrhaman Mas’ud (2004).

Kontributor: R Ahmad Nur Kholis

Bagikan:
Jumat 17 Mei 2019 16:0 WIB
Sejarah Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama
Sejarah Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama
Bagi para ulama NU, ta’lif dan nasyr bukan barang baru. Keseharian mereka berkaitan langsung dengan konten yang diprodukis dari ta’lif dan nasyr itu, yaitu kitab kuning. Bahkan, tak sedikit para kiai yang melakukan ta’lif dan nasyr tersebut, yaitu mengarang sebuah kitab dan mencetaknya. 

Namun, secara kelembagaan, ta’lif dan nasyr baru dibentuk pada masa awal kepemimpinan ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Menurut Ensiklopedia NU, keberadaan LTNNU merupakan rekomendasi muktamar NU ke-27 di Situbondo pada 1984. 

Tujuan awal keberadan lembaga ini adalah untuk melakukan sosialisasi keputusan-ketutusan muktamar, terutama menyangkut khittah 1926. Menurut Kepala Perpustakaan NU Syatiri Ahmad, muktamar tersebut merekomendasikan lembaga itu karena para kiai kesulitan menemukan hasil-hasil muktamar sebelumnya. Mereka khawatir buah karya musyawarah para kiai yang dilakukan puluhan tahun tersebut punah. 

Selain itu, rekomendasi lembaga tersebut adalah untuk sosialisasi keputusan yang waktu itu sangat penting, perubahan status NU dari partai politik kembali ke ormas keagamaan. Sebagaimana diketahui pada muktamar tersebut, NU menyatakan secara resmi menjadi ormas keagamaan sebagaimana awal didirikan. Sebab, sejak tahun 1952, yaitu pada Muktamar Palembang memutuskan menjadi partai politik. Status tersebut mulai berakhir pada tahun 1987. Kemudian total secara organisasi tahun 1984. Keputusan lain yang perlu disosialisaasikan waktu itu adalah NU menyatakan menerima Pancasila sebagai asas tunggal.  

Karya dan Pengurus LTNNU
Lembaga ini pernah menerjemahkan kitab Nihayatuz Zain karya Syekh Nawawi Banten, menerbitkan buku-buku keputusan resmi PBNU seperti hasil muktamar dan musyawarah nasional alim ulama dan konferensi besar NU serta menerbitkan sejumlah buku biografi tokoh-tokoh NU. 

Di antara tokoh yang pernah diteritkan adalah Berzikir Menyiasaru Angin, sebuah biografi tentang perjalanan hidup tokoh NU dari Sumatera Utara KH Zainul Arifin. 

Lembaga ini juga pernah melakukan penelitian sejarah masuknya NU di Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera, dan lain-lain.

Lembaga ini juga pernah menerbitkan Warta NU sebagai media komunikasi dan sosialisasi kebijkan PBNU kepada masyarakat. Kemudian berhenti dan sekarang dilanjutkan dengan menerbitkan majalah Risalah Nahdlatul Ulama yang terbit tiap bulan. 

Memasuki era digital, LTNNU pada 2003 meluncurkan situs resmi yang dikelola dari gedung PBNU yaitu NU Online. Situs tersebut tetap bertahan dan berkembang hingga sekarang. Bahkan menjadi situs nomor satu dalam layanan keislaman Ahlussunah wal Jamaah. 

Kanal di situs tersebut, tidak hanya memberitakan kegiatan-kegiatan resmi NU, tapi juga pesantren, kiai, santri, dan para pengurus NU. Di samping itu juga memuat buah pikiran dari pembaca serta mengapresiasi seni dan budaya melalui kanal cerpen dan puisi. Namun, situs tersebut lebih memperkuat konten keislaman yang dikemas dengan gaya populer dan ringan. 

Beberapa orang yang pernah menjadi Ketua LTNNU adalah H Ichwan Syam (1984-1994), Choirul Anam (1994-1999), Abdul Mun’im DZ (1999-2010), Sulton Fathoni (2010-2015), Juri Ardiantoro (2015-2016). Karena Juri terpilih menjadi ketua PBNU, ia digantikan Hari Usmayadi (2016-sekarang).

Penerbitan Sejak NU berdiri
Meski secara lembaga baru dibentuk pada tahun 1984, aktivitas penerbitan telah berlangsung sejak awal NU berdiri. Pada tahun 1930-an, NU mendirikan sebuah majalah yaitu Swara Nahdlatoel Oelama (SNO). Majalah tersebut terbit dengan menggunakan huruf Arab pegon dan berbahasa Jawa. Isinya lebih banyak mengupas masalah-masalah keagamaan yang berkembang saat itu. Misalnya membahas ulang keputusan-keputusan muktamar NU yang telah berlangsung serta menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca.  

Kemudian ketika NU mulai berkembang ke luar Jawa, majalah tersebut berubah menjadi Berita Nahdlatoel Oelama. Kali ini, kecuali hadits dan ayat Al-Qur’an, serta qaul-qaul ulama, majalah itu menggunakan huruf Latin dan dengan bahasa Melayu. Pada waktu bersamaan, NU juga memiliki majalah lain yaitu Oetoesan Nahdlatoel Oelama. 

Penerbitan makin berkembang ketika NU memiliki lembaga yang menangani khusus satu bidang, misalnya pendidikan yaitu Ma’arif. Pada awal dibentuk, lembaga tersebut dipimpin KH Wahid Hasyim. Ia menerbitkan sebuah majalah bernama Soeloeh Nahdlatoel Oelama (1941).

Ketika cabang-cabang NU makin berkembang di berbagai daerah, di antara mereka ada pula yang mengupayakan majalah seperti PCNU Surabaya yang memiliki Kemoedi NU dan Tasikmalaya yang memiliki Al-Mawaidz. 

Tak ketinggalan, badan otonom NU waktu itu, Ansor Nahdltoel Oelama juga menerbitkan majalahnya yaitu Soeara Ansor NU.

Salah satu aktivitas yang terkait dengan ta’lif wan nasyr bisa dilihat dalam catatan KH Saifuddin Zuhri dalam Berangkat dari Pesantren 

“Karena tertarik pada jurnalistik ala Berita NU aku berusaha untuk bisa menulis di dalamnya. Beberapa kali tulisanku tak bisa dimuat, tetapi akhirnya salah satu karanganku dimuat setelah mendapat petunjuk-petunjuk seperlunya dari KH Mahfudz Shiddiq selaku pemimpin umu/pemimpin redaksi Berita NU. Tulisanku yang pertama, Islam dan Persatuan. (Abdullah Alawi)          

Kamis 16 Mei 2019 11:49 WIB
Ungkapan KH Saifuddin Zuhri terhadap Sosok KH Hasyim Asy'ari
Ungkapan KH Saifuddin Zuhri terhadap Sosok KH Hasyim Asy'ari
Keteladanan merupakan kunci. Kalimat tersebut adalah simpul untuk menggambarkan bahwa para ulama pesantren tidak hanya berjuang secara fisik dan jiwa melawan penjaja, tetapi juga keteladanan nyata dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat Indonesia kala itu. Pergerakan nasional, baik yang dilakukan oleh para santri dan tokoh-tokoh nasionalis tidak pernah terlepas dari nasihat, bimbingan, arahan, doa para kiai.

Tidak terpungkiri bahwa perbedaan pandangan kerap terjadi. Bahkan seringkali menimbulkan perdebatan. Namun, para ulama memberikan teladan meskipun perbedaan pandangan tersebut menyeruak dan menjadi perhatian masyarakat. Justru tokoh-tokoh tersebut menjadi panutan seutuhnya, baik ketika menyikapi persamaan atau perbedaan.

Seperti terlihat ketika KH Hasyim Asy’ari berbeda pendapat terkait penggunaan terompet dan genderang yang dipakai oleh Barisan Ansor NU (BANU). Kiai Hasyim Asy’ari membolehkan para pemuda Ansor menggunakan terompet dan genderang sebagai simbol penyemangat gerakan. Sedangkan telah sejak lama KH Raden Asnawi Kudus mengharamkannya.

KH Saifuddin Zuhri dalam Berangkat dari Pesantren (2013) mengungkapkan bahwa ketika itu Hadhratussyekh memperlihatkan sepucuk surat dari Kiai Asnawi kepada putranya, KH Wahid Hasyim. Selama Hadhratussyekh bercakap-cakap dengan putranya, Saifuddin Zuhri amat terpesona terhadap Kiai Hasyim yang merupakan ulama besar itu.

Usia Kiai Hasyim Asy’ari kala itu (5 Desember 1940) mendekati 70 tahun, karena dilahirkan pada hari Selada Kliwon, 24 Dzulqo’dah 1287 atau 14 Februari 1871. Bicaranya amat jelas sejelas sasarannya. Sikapnya ramah-tamah, air mukanya jenih dan selalu menyenangkan hati para tamunya. Bahkan tak jarang Hadhratussyekh melayani sendiri para tamunya dengan membawa makanan dan minuman yang dihidangkan meski ada khadam (pelayan) khusus yang melayani sang tamu.

Sikap terhadap sesama ulama pun sangat hormat, sekalipun kepada yang lebih muda. Tidak jarang kepada ulama yang sebaya usianya, apalagi kepada yang lebih tua, ia menganggapnya sebagai guru. Tak mengherankan ketika berbicara mengenai Kiai Raden Asnawi, ia menyebutnya dengan, “guru saya yang mulia, Kiai Raden Asnawi Kudus”.

Hadhratussyekh memperlihatkan surat Kiai Asnawi kepada KH Wahid Hasyim. Surat tersebut ditulis menggunakan bahasa Arab yang amat sempurna. Ia memperlihatkan kepada putranya bagian-bagian yang dirasa amat berat dalam bahasa Arab (Kiai Hasyim Asy’ari biasa berbicara kepada putranya dalam bahasa Arab. Tetapi sebaliknya, Kiai Wahid Hasyim melayani pembicaraan ayahnya dalam bahasa Jawa halus, kromo inggil. Bukan karena bahasa Arab Kiai Wahid Hasyim kurang sempurna, tetapi untuk memperlihatkan sikap tawadhu kepada orang tuanya).

Lalu Kiai Hasyim Asy’ari mengalihkan perhatiannya kepada Saifuddin Zuhri. “Saudara Saifuddin, saya baru menerima sepucuk surat dari guru saya yang mulia Kiai Raden Asnawi Kudus. Ini dia suratnya.” Meskipun diperlihatkan kepadanya, Saifuddin Zuhri bersikap pasif saja. Ia merasa terlampaui kecil untuk melibatkan diri dengan kedua ulama besar tersebut. Karena itu, Saifuddin hanya menanggapinya dengan, “inggih, inggih” seperti yang dilakukan oleh Kiai Wahid Hasyim.

Kiai Hasyim Asy’ari berkata, “Aku merasa susah sekali, karena Kiai Raden Asnawi guru saya itu marah kepada saya. Sebabnya, karena saya mengizinkan terompet dan genderang yang dipergunakan anak-anak kita, Ansor NU, padahal Kiai Raden Asnawi mengharamkannya.”

Hadhratussyekh kemudian bercakap-cakap dengan putranya dalam bahasa Arab. Dalam percakapan itu, Hadhratussyekh meminta pertimbangan putranya, apakah tidak sebaiknya surat tersebut dijawab dengan lemah lembut dan dikirimkan lewat kurir. Sebab, menurut Kiai Wahid Hasyim, persoalan perbedaan pandangan itu diharapkan selesai sebelum perhelatan Muktamar ke-15 NU di Surabaya pada 1940 dibuka. (Fathoni)
Kamis 16 Mei 2019 2:0 WIB
Sejarah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama
Sejarah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama
tokoh-tokoh NU
KH Ghozali Masroeri, Ketua Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama, salah seorang tokoh sepuh NU saat ini, pernah mengatakan, seluruh lembaga dan badan otonom NU berfungsi untuk dakwah Islam dan khidmah kepada umat. NU sendiri bertujuan untuk hal tersebut karena didirikan oleh para ulama pesantren yang menghabiskan usianya dalam berdakwah.

Berdasarkan AD/ART NU yang mendapat pengesahan dari Hindia Belanda pada 1930, secara tersurat, tujuan NU berdiri adalah: Adapoen maksoed perkoempoelan ini jaitoe: ”memegang dengan tegoeh pada salah satoe dari madzhabnja Imam ampat, jaitoe Imam Moehammad bin Idris Asj-Sjafi’i, Imam Malik bin Anas, Imam Aboehanifah An-Noe’man, atau Imam Ahmad bin Hambal, dan mengerdjakan apa sadja jang mendjadikan kemaslahatan Agama Islam.”

Berdasarkan pendapat Kiai Ghozali di awal, dengan demikian, dakwah NU adalah mengupayakan segenap perangkatnya untuk tujuan Islam Ahlussunah wal Jamaah.   

Namun, secara kelembagaan, NU merasa perlu untuk membentuk lembaga sendiri di bidang tersebut, maka terbentuklah lembaga yang kini disebut Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama atau LDNU. Menurut NU Online, LDNU bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang pengembangan agama Islam yang menganut paham Ahlussunnah wal Jamaah. Sementara menurut Ensiklopedia NU, lembaga tersebut di antara tugasnya adalah mengkoordinasikan para dai dan daiyah dalam menjalankan dakwah kepada masyarakat baik secara tulisan maupun lisan hingga ke masyarakat terpencil. 

Lalu sejak kapan lembaga tersebut eksis? Di dalam Ensiklopedia NU, tidak disebutkan tanggal dan tahun kapan lembaga tersebut dibentuk. Ensiklopedia itu hanya menyebutkan beberapa kiai yang pernah mengetuainya, yaitu KH Saifuddin Zuhri, KH Ahmad Ghozali, KH Syukron Makmun, KH Nuril Huda, KH Zakky Mubarok. Selanjutnya, KH Manarul Hidayat, KH Maman Imanulhaq Faqih, dan saat ini KH Agus Salim .

Berdasarkan data ensiklopedia tersebut, dengan menyebut paling awal KH Saifuddin Zuhri, berarti aktivitas atau cikal bakal lembaga tersebut telah dimulai pada akhir masa penjajahan Belanda atau antara tahun 1930 hingga 1940-an. Bisa jadi pula beberapa tahun setelah Indonesia merdeka. 

Berdasarkan buku Guruku Orang-orang dari Pesantren, cikal-bakal lembaga dakwah NU, bisa dipastikan dimulai pada beberapa tahun NU berdiri. Di dalam buku tersebut, asal Banyumas Jawa Tengah tersebut mengatakan:  

Kami tergabung dalam ikatan mubaligh, namanya Nashihin, yaitu setelah di kampungku berdiri Nahdlatul Ulama. Tiap malam Selasa para mubaligh dibagi untuk mengunjungi beberapa desa. Kiai Khalimi tidak ketinggalan. Kami membuat kelompok, masing-masing 2 atau 3 orang mubaligh. Tentu saja umumnya berkendaraan sepeda. Kelompok paling "celaka" kalau di dalamnya termasuk kiai ini. Sebabnya, pertama: beliau tak pandai naik sepeda, dan kedua: beliau tak pernah mau membonceng sepeda, saru atau tidak pantas katanya. Lebih baik jalan kaki. Mau tak mau yang lain-lain solider jalan kaki. Berapa kali dianjurkan agar belajar naik sepeda, namun beliau tak mau. Mengapa? Biar saudara mengerti bahwa semua orang mempunyai kekurangan dan cacat. Cuma Nabi saja yang tak punya cacat, begitulah jawabnya. Yang menarik perhatian lagi adalah rokoknya. Beliau selalu mengisap rokok cengkeh, yang menurut anggapan masyarakat di kampungku rokok priyayi. Kadang-kadang rokok putih. Bukan rokok klembak-menyan. Anak-anak kadang-kadang nyeletuk: "Priyayi kok tidak bisa naik sepeda...!‖

Tokoh lain yang merupakan "produk" dari didikan dakwah NU adalah KH Zainul Arifin, panglima Hizbullah kelahiran Barus, Sumatera Utara. Namun, ia memulai dari pengkaderan dakwah melalui salah satu badan otonom NU, yaitu Gerakan Pemuda Ansor (dulu disebut Ansor Nahdlatoel Oelama, ANO). Kemudian di samping kemampuannya sendiri, ia menjadi seorang yang dikenal sebagai aktivis NU, berdakwah untuk daerah Batavia dan Jawa Barat. Kelak ia kemudian menjadi Wakil Perdana Menteri pada masa pemerintahan Soekarno. 

Nashihin
Berdasarkan Guruku Orang-orang dari Pesantren, lembaga dakwah NU pada mulanya disebut nashihin, para penasihat atau orang-orang yang memberikan nasihat agama. Maksudnya adalah para dai yang dikenal sekarang. Hal yang terkait nashihin tersebut, pernah dibentuk pada muktamar NU ketiga di Surabaya pada 1928. Pada muktamar tersebut, untuk mempercepat dan memperkuat dakwah Ahlussunah wal Jamaah, para kiai memutuskan untuk membentuk Majelis Khamis atau Komisi Lima. Komisi yang dipimpin Kiai Shaleh Banyuwangi tersebut beranggota Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Ridwan, Kiai Asnawi Kudus dan Kiai Muharram Kediri. 

Berdasarkan buku Pertumbuhan dan Perkembangan NU karya Choirul Anam, majelis itu memutuskan membentuk Lajnatun Nashihin, semacam komisi propaganda untuk menyiarkan NU ke berbagai daerah. Anggota Lajnatun Nashihin ini terdiri dari sembilan orang KH Hasyim Asy’ari, KH Bisri Syansuri, KH Raden Asnawi, KH Ma’shum, KH Mas Alwi, KH Musta’in, KH Abdul Wahab Hasbullah, KH Abdul Halim Leuwimunding dan KH Abdullah Ubaid. 

Sementara M. Rikza Chamami pada tulisannya Propaganda NU Lewat Jam’iyyatun Nashihin yang dimuat di NU Online, menyebut Jam'iyyatun Nashihin. Ia mengutip pendapatnya KH Maimoen Zubair demikian: “Jam’iyyah Nashihin ini adalah sebuah organisasi yang ada kaitannya dengan masalah pengajian. Dahulu namanya nasehat. Kalau sekarang namanya diganti menjadi pengajian”.

Bahkan, masih menurut Rizka, embrio Jam’iyyatun Nashihin sudah ada sebelum NU berdiri. Ia kemudian mengutip pendapatnya Amirul Ulum (2014) yang menyebutkan, di Jawa Tengah, sesepuh Jam’iyyatun Nashihin adalah KHR Asnawi Kudus, KH Ma’shum Ahmad dan KH Khalil Masyhuri dibantu dengan ulama muda, KH Zubair Dahlan (ayah KH Maimun Zubair). 

Lembaga Dakwah NU dan Media Sosial
Pada tahun 1991, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dalam satu artikelnya mengatakan, pada tahun 2010, NU mengalami transformasi keempat, yaitu teknologi informasi. Apa yang dikatakan Gus Dur tersebut, tepat adanya. Sejak tahun itulah media sosial merebak. Dan sebagaimana yang dikatakan Gus Dur pula, jangan sampai NU gagal seperti transformasi ekonomi yang digalakannya pada transformasi ketiga. 

Jika dikaitkan dengan pendapat Gus Dur tersebut, Lembaga Dakwah NU, mau tidak mau harus memanfaatkan teknologi informasi. Dakwah melalui video yang disebarkan melalui media sosial menjadi keniscayaan. Namun demikian, dakwah konvensional pun tetap berjalan. Di tingkatan pusat, Lembaga Dakwah PBNU rutin mengadakan kader dai. Tiap bulan lembaga tersebut mengadakan pengajian umum di halaman PBNU yang dimulai dengan tahlil, istighotsah, shalawat, dan ceramah umum. (Abdullah Alawi)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG