IMG-LOGO
Daerah

Banser Husada Tubaba Lakukan Pendampingan Kesehatan Masyarakat


Jumat 14 Juni 2019 01:00 WIB
Bagikan:
Banser Husada Tubaba Lakukan Pendampingan Kesehatan Masyarakat
Tim Basada
Tulangbawang Barat, NU Online
Tim medis Banser Husada (Basada) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung siap melakukan pendampingan kesehatan bagi masyarakat. Pendampingan tersebut di antaranya dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan secara gratis. Hal ini merupakan upaya untuk terciptanya masyarakat Tulangbawang Barat yang cerdas, berdaya guna dan sehat.

“Untuk mendukung terciptanya masyarakat yang sehat, kami Tim Basada siap menurunkan ahli terapi yang sesuai bidang profesinya. Tim kami akan memeriksa dan melakukan pengobatan secara gratis kepada masyarakat yang menderita berbagai penyakit,” kata Ketua Basada Tubaba Slamet Haryono (Mamik), Kamis (13/6).

Tim Basada yang ada saat ini tambah Mamik, telah lulus dalam Pendidikan dan Latihan Khusus atau Diklatsus serta Training of Trainer (ToT) Banser Husada (Basada).

“Kami pastikan tim atau personel Banser Husada Tubaba telah memahami dan berpengalaman dalam penanganan kesehatan, karena SDM kami siap untuk diterjunkan dalam penanggulangan kesehatan,” ungkapnya.

Selain SDM yang dimiliki Tim Basada siap terlibat dalam penanganan kesehatan baik dalam kegiatan Ansor, Banser maupun musibah bencana alam, dirinya memastikan timnya siap terjun di masyarakat secara luas.

“Saat pendidikan kami telah dilatih dengan berbagai materi, baik itu terkait dasar kesehatan, organisasi Basada, pola hidup sehat, pengenalan ilmu organ tubuh manusia, kebencanaan, psikologi, saat hidup darurat, koordinasi lembaga anti narkoba, PMI, BPBD, serta lainnya,” paparnya.

Selain itu Tim Basada juga sudah memiliki kemampuan lain dalam praktik lapangan, yakni materi praktik penanganan patah tulang, pendirian tenda kesehatan, penanganan situasi dan kondisi bencana, ambulance dan lainnya.

Pada saat Diklatsar Banser yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang, GP Ansor bersama Banser Husada ( Basada) Tulangbawang Barat juga akan melakukan donor darah. Aksi ini dimaksudkan untuk menyuplai bank darah di PMI Tubaba. (Gati Susanto/Muhammad Faizin)
Tags:
Bagikan:
IMG
IMG