UPZISNU Ranting Dapat Digerakkan melalui Santunan

UPZISNU Ranting Dapat Digerakkan melalui Santunan
foto: ilustrasi
foto: ilustrasi
Banyuwangi, NU Online
Sekretaris Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) MWCNU Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur, Imam Zurkoni  mengungkapkan, upaya mengajak aghniya di lingkungan nahdliyin untuk gemar infaq dan bersedekah bisa dilakukan dengan banyak hal.

"Salah satunya ialah dari hasil donasi langsung disalurkan untuk pemberian santunan atau beasiswa sekolah, sehingga masyarakat jadi tertarik," ujarnya kepada NU Online, Senin (1/7) malam.

Dikatakan, penyerahan santunan di lokasi dimana donasi dikumpulkan akan menjadi stimulus kepada ranting-ranting yang lembaga UPZISNUnya tidak aktif. Pasalnya, dari 20 ranting masih banyak yang tidak aktif. 

"Karena itu, kegiatan stimulus yang tepat kepada ranting NU yang kurang aktif. Teknisnya setiap ranting membawa 10 anak yatim sekaligus diberikan santunan oleh pengurus ranting sendiri dari hasil akumulasi dana UPZISNU ranting sendiri, ya dari ranting untuk ranting," katanya. 

Ketua Unit Pengumpul Zakat, Infaq, dan Sedekah (UPZIS) Ranting NU Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Abdurrahman mendukung dengan pelaksanaan terobosan kegiatan santunan kepada ratusan anak yatim. "Atas kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat, pengurus NU tidak menutup mata. Pengurus hadir dengan memberikan bantuan dan solusi semampunya kepada para dhuafa, anak yatim, dan lainnya," jelasnya. 

Dijelaskan, karena kesenjangan ini sudah sunnatullah, kita tidak bisa menghilangkan 100%. Namun setidaknya kita sebagai pengurus memberikan apa yang kita mampu sebisanya. Semoga ke depan kinerja pengurus menjadi lebih semangat dan lebih baik.

"Sejauh ini sudah terkumpul dana UPZISNU Ranting Karangrejo sebesar Rp11,3 juta. Pentasarufan sendiri sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang ada dengan memberikan santunan kepada mereka yang membutuhkan," terang Abdurrahman.

Menurut rencana, Ahad (7/7) mendatang LAZISNU MWCNU Kecamatan Banyuwangi akan memberikan santunan kepada ratusan anak yatim. Kegiatan yang dipusatkan pada Masjid Baitul Mustaqim, Tukangkayu, Banyuwangi itu akan dihadiri Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi KH Ali Makki Zaini.

Kegiatan santunan dilaksanakan atas kerja sama dengan Pengurus Ta'mir Masjid Baitul Mustaqim. "Kesiapan sudah 90%, sisanya pengurus akan tinjau lokasi acara dalam waktu dekat. Diawali dari pagi istighotsah bersama dilanjutkan pemberian santunan anak yatim dan diakhiri dengan ruqyah aswaja," pungkas Imam. (M Sholeh Kurniawan/Muiz)
BNI Mobile