IMG-LOGO
Daerah

STAI An-Nawawi Purworejo Jalin Kerjasama Pendidikan dengan Kepolisian


Kamis 4 Juli 2019 01:00 WIB
Bagikan:
STAI An-Nawawi Purworejo Jalin Kerjasama Pendidikan dengan Kepolisian
Sosialisasi kuliah STAI An-Nawawi Purworejo di Polres
Purworejo, NU Online
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam hidup yang dijalani oleh manusia, tak terkecuali oleh anggota kepolisian. Meski telah memiliki profesi yang mapan, namun kebutuhan akan jenjang pendidikan menjadi bagian penting guna meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

"Hal ini juga berlaku bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), pendidikan menjadi bagian pokok bagi anggota Kepolisian," ujar Humas STAI An-Nawawi Purworejo, Muhaini. 

Hal ini disampaikan dalam dalam sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) An-Nawawi Purworejo kepada para anggota Korps Bhayangkara yang dilaksanakan di Aula Mapolres,  Selasa (2/6) kemarin.

Dikatakan, anggota kepolisian diimbau untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Keinginan tersebut kini dapat terealisasi dengan mudah seiring dengan adanya program sarjana tanpa harus datang ke kampus. "Jadi, kelas tersebut tidak mengganggu kegiatan dinas anggota," ungkapnya.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Purworejo, Kompol Andis Arfan Tofani mengatakan, program sarjana tanpa harus datang ke kampus  merupakan bentuk kerjasama antara Polres Purworejo dengan STAI An-Nawawi, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Polres Purworejo.

"Anggota polisi kini dapat melanjutkan pendidikan program sarjana tanpa harus pergi ke kampus yakni dengan mendatangkan dosen ke kantor polisi, para anggota kepolisian sudah dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sambil berdinas," ujarnya.

Menurutnya, Peningkatan SDM ini penting, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu pengetahuan, keterampilan, dan komitmen moral. Dan moral ini yang paling penting. "Saya respon adanya sosialisasi ini untuk peningkatan SDM di kepolisian," terangnya.

Ia menambahkan, pendaftaran untuk ajaran 2019 ini sudah mulai dibuka. Para calon mahasiswa dari kepolisian yang ingin mendaftar harus mengikuti persyaratan melalui tes potensial akademik yang berlaku. "Cara pendaftarannya sama seperti calon mahasiswa lainnya dan biayanya juga sama dengan lainnya," kata Wakapolres.

Bedanya, kata dia, setiap anggota polisi yang nanti lolos dalam seleksi dapat mengikuti perkuliahan tanpa harus datang ke kampus. Para anggota polisi dapat melakukan perkuliahan di Polres Purworejo. "Nanti kuliahnya bisa di gedung Kampus STAI An-Nawawi  atau di Auditorium Polres Purworejo kan tersedia ruangan yang cukup, dosennya nanti yang datang," tutupnya.

Humas STAI An-Nawawi Muhaini mengatakan, saat ini dirinya menilai sudah ada peningkatan kualitas dari SDM Polri. Animo polisi yang ingin melanjutkan pendidikan umum juga tinggi.

"Saya lihat untuk saat ini kualitas SDM Polri ada peningkatan. Itu semua diikuti dengan perkembangan zaman. Polri sudah mulai berubah, salah satunya dengan adanya sosialisasi ini," ujar dia. 

Muhaini menambahkan, program khusus ini terbuka bagi setiap anggota Polri, tidak hanya yang berdinas di Polres Purworejo saja. Pendaftaran bagi para anggota polisi diperlakukan sama dengan calon mahasiswa S1 lainnya. (Naufa/Muiz)

Bagikan:
IMG
IMG