IMG-LOGO
Daerah

PWNU DKI Pesan IPNU-IPPNU DKI Lahirkan Program yang Membumi

Jumat 5 Juli 2019 23:30 WIB
Bagikan:
PWNU DKI Pesan IPNU-IPPNU DKI Lahirkan Program yang Membumi
Pelantikan PW IPNU-IPPNU DKI Jakarta
Jakarta, NU Online
Pengurus Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Provinsi DKI Jakarta masa khidmat 2019-2022 resmi dilantik oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta di Ruang Pertemuan Balaikota, Jakarta, Jumat (5/7).

Sebelum melantik, Ketua PWNU DKI Jakarta H Saefullah lebih dulu menanyakan kesiapan para pengurus untuk berkhidmat di IPNU dan IPPNU. "Siap!" Jawab para pengurus dengan tegas. Saefullah pun melanjutkan dengan membimbing para pengurus mengucapkan ikrarnya. Seluruh pengurus mengikuti apa yang dikatakan olehnya dengan diakhiri bacaan hamdalah.

"Saya pesan, dari acara pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ini diharapkan bisa melahirkan program yang membumi untuk mempertahankan ajaran dari para kiai kita," kata Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta ini.

Menurutnya, IPNU harus menggerakkan kegiatan-kegiatan NU di Ibukota seperti tahlilan, shalawatan, dan peringatan haul. "Saya harap IPNU juga bisa mengobservasi permasalahan pelajar di Ibukota saat ini," pungkasnya.

Ketua PW IPNU DKI terpilih berjanji akan memaksimalkan potensi kader, memperbaiki data base IPNU dan memfasilitasi berbagai program ke depan. "Dengan syarat seluruh kader IPNU harus kompak, bersatu dengan di bawah satu visi yaitu Nahdhatul Ulama," ujarnya. 

Pelantikan dan Rakerwil PW IPNU-IPPNU DKI Jakarta merupakan kelanjutan hasil Konferensi Wilayah (Konferwil) XIII PW IPNU DKI dilaksanakan di MAN 3 Jakarta Pusat pada Jumat (26/4). Dari Konferwil itu terpilih sebagai Ketua PW IPNU DKI Jakarta adalah Ahmad Bayu.

Selepas pembacaan ikrar, para pengurus berfoto dan bersalaman dengan para tokoh dan alumni IPNU-IPPNU yang hadir. Di antaranya Ketua Majelis Alumni IPNU DKI Jakarta H Abdul Aziz Suaedi, Komisioner KPID Muhamad Said, Komisioner KPI Pusat Ubaidillah, Ketua Muslimat NU DKI Jakarta Hj Hizbiyah Rochim, Komisioner Bawaslu Jakarta Utara Nurhamidah, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, BNN Pusat Raden Bogie Widya.

Selain dihadiri para tokoh, kegiatan pelantikan ini juga dihadiri oleh sejumlah pelajar dan santri di wilayah DKI Jakarta. Usai pelantikan, agenda dilanjutkan dengan rapat kerja hingga Ahad (7/7) nanti. (Imam Rifai/Aru Elgete/Muiz)

Bagikan:
Jumat 5 Juli 2019 22:30 WIB
Atraksi Peserta Jadikan Rakornas Lesbumi Berikan Kesan Mendalam
Atraksi Peserta Jadikan Rakornas Lesbumi Berikan Kesan Mendalam
Pasuruan, NU Online
Rangkaian  acara Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama ketiga menjadi momen tidak terlupakan bagi peserta yang hadir. 

Hari pertama diwarnai pentas gending Jawa kolaborasi Pagar Nusa Ponoes  Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten. “Kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang dengan kolaborasi tiga dalang,” kata Ki Ardhi, Jumat (5/7) . 

Pada Kamis (4/7) malam juga tidak kalah meriah. Pertunjukan demi pertunjukan juga ditampilkan. “Salah satunya musik gambus Al-Kawakib dari Malang, termasuk beberapa penampilan yang datang dari peserta Rakornas,” kata Ketua Pelaksana Rakornas.

Seni tari kreasi Golok dan Karinding dari Bekasi berhasil menyedot perhatian para peserta. Dengan iringan musik gamelan pertunjukan dengan golok di tangan, tarian ini makin indah.

Usai tari golok pun dilanjutkan dengan musik karinding. Karinding yang mempunyai alunan musik yang khas langsung menyedot perhatian peserta.

Karinding yang dimainkan dalam penampilan tersebut dua jenis. Jenis karinding yang dimainkan yaitu karinding  tepak dan karinding towel.

Penampilan musik karinding dilakukan oleh pengurus Lesbumi yang datang dari Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi. Menurut penuturannya, karinding tepak yang dinamakan oleh ayahnya sebagai Karinding Buhun. Karinding jenis ini hanya bisa dimainkan pada waktu tertentu, misalnya saat bulan Suro ataupun maulud. 
Karinding Tepak ini dibuat oleh Ki Sura Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, di Padepokan Surawisesa. Ki Sura sendiri selain sebagai pandai (pembuat) juga sebagai pemain Karinding.

Berbeda dengan karinding Tepak yang hanya bisa dimainkan pada waktu tertentu, yang pembuatannya pun memakan waktu hingga satu tahun. 

Karinding Towel bisa dimainkan kapanpun dan bisa untuk mengiringi musik appun, termasuk musik-musik modern. Bahkan menurut penuturannya pula, di tahun 2022 juga rencananya akan digelar pagelaran musik karinding sebanyak 2022.

Penampilan seni malam ini pun dilanjutkan dengan musikalisasi puisi. Tak jauh dari bacground semua yang ada di forum Rakornas 3 ini, puisi yang dibacakan pun terkait Saptawikrama. 

Sapta Wikrama sebagai strategi kebudayaan yang tujuan utamanya adalah kelestarian budaya warisan leluhur bangsa. “Musikalisasi ini ini dilakukan oleh kolaborasi dari PC Lesbumi Ponorogo dan Surakarta,” pungkasnya. (Imam Kusnin Ahmad/Ibnu Nawawi)

Jumat 5 Juli 2019 22:0 WIB
Sarbumusi Jombang Tuntaskan Masalah Buruh
Sarbumusi Jombang Tuntaskan Masalah Buruh
foto: ilustrasi (foto: buruhmigran.or.id)
Jombang, NU Online
Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Jombang, Jawa Timur sudah yang kesekian kalinya menyelesaikan masalah yang dihadapi buruh dengan perusahaan.

Setelah sukses menyelesaikan kasus PHK sepihak Abdul Majid, salah satu Karywan Harian Lepas PT/PK Jati Mapan, kini hal serupa dilakukan salah satu badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) itu. Sarbumusi di Kota Santri ini sukses memperjuangkan selisih klaim santunan almarhum Saudara Ridwan Fatah, kryawan Kontrak PT Seng Fong Moulding Perkasa.

"Alhamdulillah proses panjang sejak Januari 2019 memperjuangkan selisih klaim santunan almarhum Ridwan Fatah kryawan Kontrak PT Seng Fong Moulding Perkasa akhirnya dapat terselesaikan dengan baik," kata Ketua DPC Sarbumusi Jombang, Lutfi Mulyono kepada NU Online, Jumat (5/7).

Adapun santunan yang diterima sebesar Rp92.750.000. Dan diterima langsung oleh ahli warisnya. 

Diakui pria yang biasa disapa Luthfi ini, permasalahan perburuhan kerap terjadi hingga kini. Dengan demikian buruh menurut dia, hendaknya bersikap tegas, sehingga perusahaan tidak lagi sewenang-sewenang dalam mempekerjakan bawahannya (buruh).

Luthfi berkomitmen, melalui Sarbumusi yang dipimpinnya akan selalu mengawal problem yang terjadi pada buruh dengan serius. Selama ini, diakui dia sudah banyak buruh yang meminta pendampingan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. 

"Kita selalu berjuang dengan istiqamah. Dan Insyaallah akan diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT," ujar Luthfi.

Kepada para buruh yang mendapat perlakuan tidak adil dan keluar dari amanat undang-undang, ia mengimbau untuk tidak takut meminta bantuan kepada lembaga atau organisasi yang berkompeten dalam menangani kasus buruh, tak terkecuali meminta bantuan kepada Sarbumusi.

Ia mengatakan, ada banyak kasus yang sudah ditangani Sarbumusi berbuah hasil sempurna. Ini lantaran karena keseriusan dan keikhlasan Sarbumusi untuk memperjuangkan para buruh yang diketahui tak mendapatkan hak-hanya sebagaimana mestinya.

"Semoga bisa membawa barakah, manfaat, dan maslahat fiddini waddunya Ilal akhirah," ujarnya.

Saat ini, Sarbumusi juga sedang menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hak-hak pesangon almarhum Ridwan Fatah dan kawan-kawannya. (Syamsul Arifin/Muiz)
Jumat 5 Juli 2019 21:30 WIB
Jelang Konfercab, Ansor Rembang Gelar Lomba Desain Logo Konferensi
Jelang Konfercab, Ansor Rembang Gelar Lomba Desain Logo Konferensi
Ketua GP Ansor Rembang, Gus Hanies (dua dari kiri)
Rembang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Rembang, Jawa Tengah  membuat sebuah sayembara berhadiah. Sayembara tersebut membuat desain logo konferensi cabang memperebutkan hadiah Rp1 juta rupiah.

Sayembara dibuka sejak tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2019. Sedangkan Penjurian dilaksanakan tanggal 1-4 Agustus 2019, dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 7 Agustus melalui situs resmi PC GP Ansor Kabupaten Rembang. Seperti Facebook pcansorrbg, Instagram gpansorrembang, dan Twitter gpansorrembang. 

Ketua PC GP Ansor Rembang M Hanies Cholil kepada NU Online, Jumat (5/7) mengatakan, sayembara tersebut bersifat terbuka untuk umum, tidak terbatas kalangan internal kader GP Ansor semata. Dikatakan, sejak dibuka pengumuman, sudah ada beberapa peserta yang mengirimkan karyanya untuk mengikuti sayembara tersebut. Dengan mengedepankan keaslian karya yang belum pernah dipublikasikan di manapun termasuk di sosial media.

"Sudah ada beberapa pendaftar, beberapa orang atau lembaga, komunitas yang mengirimkan beberapa desain Tapi penjurian seperti di pengumuman kita lakukan pada tanggal 1 Agustus. Kita masih menunggu desain yang lain," kata Gus Hanies sapaan Ketua GP Ansor Rembang. 

Gus Hanies menambahkan, untuk jadwal konferensi cabang akan ditentukan setelah tahapan akreditasi semua rampung. Akreditasi sudah dimulai awal bulan Juli ini, dimulai di tingkat ranting. Akreditasi tingkat ranting dilakukan oleh Pimpinan Cabang. Sejak tanggal 1 sampai dengan 14 Juli di 14 kecamatan yang ada.

"Kemudian pada tanggal 16 Juli akan dimulai akreditasi tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) oleh Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan akreditasi untuk Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Rembang akan dilakukan selama dua hari terhitung sejak tanggal 20 sampai 21 Juli 2019," jelasnya.

Setelah tahapan akreditasi rampung, lanjutnya, dan hasilnya keluar, PC GP Ansor Rembang akan mengajukan permohonan tanggal untuk Konferensi Cabang. Saat ini tahapan yang sudah berjalan adalah akreditasi di tingkat ranting.

"Untuk melaksanakan Konfercab, Cabang harus melakukan akreditasi terlebih dahulu, baik dari Pimpinan Cabang yang akan dilakukan oleh Pimpinan Pusat Pimpinan Anak Cabang oleh Pimpinan Wilayah, dan sedangkan Pimpinan Ranting oleh pimpinan Cabang," ungkapnya. 

Untuk penjurian Hak atas kekayaan intelektual (HAKI) desain logo yang dinyatakan pemenang adalah milik Ansor Rembang. Keputusan dewan juri tidak boleh diganggu gugat. Panitia berhak melakukan revisi atau penyempurnaan logo yang dinyatakan menang. (Ahmad Asmui/Muiz)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG