100 Anak Yatim Terima Santunan NU Banyuwangi

100 Anak Yatim Terima Santunan NU Banyuwangi
LAZISNU Banyuwangi santuni 100 anak yatim piatu
LAZISNU Banyuwangi santuni 100 anak yatim piatu
Banyuwangi, NU Online
Mimik wajah 100 anak yatim terlihat gembira saat menerima santunan dari pengurus ranting NU se Kecamatan Banyuwangi masing-masing yang tergabung dalam Unit Pengelola Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU). 

Santunan itu diberikan saat kegiatan halal bi halal dan santunan yang dilaksanakan oleh pengurus LAZISNU Kecamatan Banyuwangi di Masjid Baitul Mustaqim, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Ahad (07/7) pagi.

Ketua LAZISNU Kecamatan Banyuwangi H Kasiyanto menjelaskan, sebenarnya sudah sering ranting-ranting memberikan santunan kepada anak yatim. Hanya saja pada hari ini pengurus LAZISNU memfasilitasi pelaksanaan santunan serentak satu tempat. Pelaksanaan kegiatan itu penting dilakukan sebagai penyemangat pengurus UPZIS ranting yang masih belum bisa berjalan maksimal.

"Ditambah dengan kegiatan ini sebagai media pelaporan progres program yang sedang, akan, dan telah dilakukan oleh pengurus LAZISNU Kecamatan Banyuwangi kepada warga nahdliyin," ujarnya. 

Dijelaskan, Dari 23 ranting yang ada, baru 18 UPZIS ranting yang sudah menerima Surat Keputusan (SK) pengurus. Dirinya menyemangati petugas untuk melaksanakan program organisasi dengan memberikan kepedulian bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Sekretaris Pengurus Cabang LAZISNU Kabupaten Banyuwangi Imron Rosyadi memberikan apresiasi atas gebrakan-gebrakan pengurus LAZISNU Kecamatan Banyuwangi sejauh ini. 

"Dari 25 kecamatan, LAZISNU Kecamatan Banyuwangi menjadi satu di antara barometer yang dipandang oleh cabang memiliki keaktifan dalam memberikan laporan-laporan keuangan berkala yang rutin dilakukan. Kegiatannya juga masif dan terstruktur. Di antaranya ada rutinan pemberian santunan tiap bulan dan kegiatan bantuan lainnya yang masyarakat membutuhkan," ujar Imron.

Imron berharap kegiatan ini memberikan semangat kepada penguru UPZIS di masing-masing ranting yang kurang aktif. Juga kepada para donatur yang selama ini telah menyalurkan infaq maupun zakatnya kepada pengurus LAZIS, dengan ini menjadi semakin yakin LAZISNU adalah lembaga penyalur zakat, infaq, dan sedekah yang terpercaya.

Nasrul Hidayatullah (12) penerima santunan dari Kelurahan Singotrunan mengaku bahagia diberikan santunan untuk dirinya. "Alhamdulillah gembira sekali. Dana santunan bisa digunakan untuk tambahan persiapan sekolah tahun ajaran baru ini. Saya mau masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sudah daftar di SMP Negeri 3 Banyuwangi," ujar Nasrul.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Alfiatul Badriyah (19) merasakan bahagia atas penerimaan santunan ini. "Saya hanya mewakili adik, seneng rasanya, yang jelas dana ini sangat dibutuhkan untuk membeli perlengkapan sekolah tahun ajaran baru ini. Semoga pengurus NU selalu diberikan kesehatan dan keberkahan," aku Alfia.

Kegiatan itu dihadiri oleh sejumlah pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuwangi, perwakilan dari pemerintah kecamatan, dan ratusan pengurus anggota UPZIS ranting se-wilayah kerja MWCNU Kecamatan Banyuwangi. Tak ketinggalan lembaga dan Banom NU dari GP Ansor, Fatayat NU, Muslimat NU,  dan IPNU-IPPNU. (M  Sholeh Kurniawan/Muiz
BNI Mobile