IMG-LOGO
Daerah

Membangun Kesadaran Berorganisasi di Luar Sekolah

Kamis 18 Juli 2019 20:30 WIB
Membangun Kesadaran Berorganisasi di Luar Sekolah
Majalengka, NU Online
Dalam membanguan organisasi di luar sekolah diperlukan tekad yang kuat karena banyak rintangan yang mengganggu aktivitas belajar. Untuk itu, diperlukan sinergitas antara belajar dan aktivis. Dan, yang paling utama dari sosialisasi IPNU ke setiap sekolah berbasis NU yaitu untuk membentuk kepengurusan komisariat IPNU-IPPNU di kalangan sekolah.

"Membentuk kepengurusan Komisariat IPNU IPPNU di kalangan sekolah, khususnya Al-Mizan dan umumnya sekolah lain. Tidak hanya itu, melainkan untuk membentuk karakter pelajar yang berakhlakul karimah, kompeten, yang berakidahkan Ahlussunnah wal Jamaah," ujar Syifa Nahdillah Syaechu, Wakil Ketua PC IPNU Majalengka, Jawa Barat.

Berbicara pada acara Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Aula Pertiwi Komplek Pondok Pesantren al Mizan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Kamis, (18/7), Syifa mengatakan harapan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa organisatoris pada siswa untuk kemajuan dirinya bangsa dan agama.

"Tidak hanya berorganisasi, akan tetapi memberikan motivasi pada siswa untuk selalu menjaga kebhinekaan dan Pancasila," ujarnya.

Menurutnya berorganisasi boleh saja, asal harus jelas dan bervisi dengan agama yang dipegang NU. "Selain itu  untuk memperkokoh pengenalan IPNU-IPPNU di tiap sekolah berbasis NU," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Islam Al Mizan, Herawati Aries Utami mengatakan kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada para siswa baru tentang  oraganisasai di luar sekolah agar mereka siap dan sudah mengenal akan organisasi di luar sekolah.

"Beroragnisasi tidak harus di dalam sekolah tetapi juga di luar juga ada. Tetapi kita jangan asal masuk dan tidak tahu akan ideologi dari tiap organisasi," katanya.

IPNU-IPPNU dikatakan Herawati sangat tepat karena haluannya sudah jelas yakni sesuai dengan kebangsaan dan keagamaan sekaligus.

Salah satu peserta MPLS, Aditia, merasa terbantu dan termotivasi akan adanya organisasi di luar sekolah yang berbasis NU.

"Adanya organisasi di luar sekolah menjadikan saya termotivasi untuk ikut berperan di luar tetapi tidak meninggalkan tugas saya sebagai siswa yaitu belajar," ujar siswa kelas X ini. (Tata Irawan/Kendi Setiawan)
Bagikan:
IMG
IMG