IMG-LOGO
Internasional

Palang Merah Saudi Sediakan Layanan Darurat Jamaah Haji di Madinah


Kamis 25 Juli 2019 17:00 WIB
Bagikan:
Palang Merah Saudi Sediakan Layanan Darurat Jamaah Haji di Madinah
Palang Merah Arab Saudi siap siaga memberikan pelayanan medis untuk jamaah haji di Madinah (SPA).
Madinah, NU Online
Palang Merah Arab Saudi (SRCA) di Madinah menyediakan pelayanan medis dan darurat bagi para jamaah haji dan pengunjung Masjid Nabawi serta beberapa lokasi yang sering dikunjungi selama musim haji ini.

Juru bicara Palang Merah Saudi di Madinah, Khalid al-Sahli, pihaknya mulai menerapkan program-programnya itu pada awal Juli. Ada sekitar 60 tim darurat yang bekerja per shift nya. Menurut al-Sahli, semua pusat medis darurat mulai mencakup semua jalan menuju Madinah, untuk mengikuti konvoi para jamaah yang tiba atau meninggalkan kota. Sementara, 12 tim kesehatan dengan peralatan canggih mendukung pekerjaan darurat di Madinah untuk menangani semua kasus dan insiden.

Dilaporkan Arab News, Rabu (24/7), ada sekitar 1.000 relawan, laki-laki dan perempuan, yang ikut terlibat dalam program pelayanan kesehatan bagi para jamaah dan pengunjung Masjid Nabawi selama musim haji tahun ini.   

Mereka siap siaga 24 jam sehari semalam dan melaksanakan tugasnya terutama di Masjid Nabawi dan sekitarnya. Tim relawan mendukung tim darurat –yang berbasis di Madinah- selama waktu shalat dan jam-jam sibuk lainnya, saat jamaah berangkat ke Makkah.

Otoritas pusat pelatihan terus menyelenggarakan ‘ceramah’ tentang perawatan darurat untuk anggota pemerintah dan badan-badan swasta yang bekerja untuk melayani para jamaah. Mereka diberikan selebaran untuk keadaan darurat dan cara-cara menggunakan aplikasi "Asefni" (selamatkan saya). Aplikasi ini tersedia di semua sistem ponsel dalam sembilan bahasa. Para jamaah juga dapat menghubungi 997 untuk pelayanan ambulans.

Arab Saudi terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien agar jamaah dalam menjalankan haji nyaman dan mudah. Sebelumnya, Saudi meluncurkan program penyediaan air zamzam bagi para jamaah haji di kantor Al-Zamazema, Senin (22/7). Program yang diberi nama Al-Zamzami al-Sagheer itu disponsori oleh Wakil Menteri Agama untuk Haji, Hussein al-Sharif.

Amir bin Faisal Obaid, juru bicara kantor Al-Zamazema, menjelaskan, program dan inisiatif itu bertujuan untuk menyediakan air zamzam bagi para jamaah haji. Layanan ini diberikan kepada seluruh jamaah haji yang berasal dari luar wilayah Arab Saudi. Air zamzam yang didisediakan itu langsung berasal dari sumur zamzam yang terletak di Masjidil Haram, Makkah. (Red: Muchlishin)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG