IMG-LOGO
Internasional

Musim Haji Tahun Ini, Saudi Siapkan Lima Ambulans Udara


Rabu 31 Juli 2019 23:59 WIB
Bagikan:
Musim Haji Tahun Ini, Saudi Siapkan Lima Ambulans Udara
Ambulans udara yang disiapkan Saudi untuk mengatasi kasus kritis jamaah haji (Saudi Gazette)
Makkah, NU Online
Otoritas Bulan Sabit Merah Arab Saudi (SRCA) akan menyediakan layanan ambulans udara selama musim haji tahun ini. SRCA bekerja sama dengan mitra menyiapkan lima pesawat dengan peralatan medis darurat dan difungsikan sebagai ambulans udara.

Fasilitas ini dimaksudkan untuk menyediakan perawatan medis darurat dan intensif bagi kasus-kasus kritis yang menimpa jamaah haji. Sehingga jamaah haji mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat ketika mereka sedang membutuhkan.  

Dilaporkan Saudi Gazette, Rabu (31/7), Pihak berwenang telah menyiapkan area pendaratan untuk pesawat-pesawat ini di rumah sakit-rumah sakit di Provinsi Makkah untuk menerima kasus-kasus yang diangkut dengan menggunakan ambulans udara.

Untuk mendapatkan layanan ambulans udara, jamaah haji tinggal mengambil telepon dan mengubungi nomor 997. SRCA kemudian akan meneruskan laporan ke ambulans darat atau udara, tergantung pada informasi yang diterima. Apakah ia betul-betul darurat dan kritis atau tidak.

Dilaporkan, Bulan Sabit Merah Saudi sudah menyiapkan 36 pusat bantuan permanen, 89 pusat bantuan sementara, 370 ambulans dengan teknologi terbaru, dan lebih dari 2.700 petugas. 

Layanan medis darurat tersebut terletak di pusat-pusat kota di Makkah, Masjid Agung, Madinah, Mina, Arafat dan Muzdalifah.
 
Bulan Sabit Merah Saudi (SRCA) di Madinah juga menyediakan pelayanan medis dan darurat bagi para jamaah haji dan pengunjung Masjid Nabawi serta beberapa lokasi yang sering dikunjungi selama musim haji ini. 
 
Mereka siap siaga 24 jam sehari semalam dan melaksanakan tugasnya terutama di Masjid Nabawi dan sekitarnya. Ada sekitar 1.000 relawan, laki-laki dan perempuan, yang ikut terlibat dalam program pelayanan kesehatan bagi para jamaah dan pengunjung Masjid Nabawi selama musim haji tahun ini.   

Call center 911
 
Arab Saudi telah memperluas cakupan fasilitas panggilan darurat (call center) 911 tahun ini. Sebelumnya, layanan call center 911 sudah ada di Makkah sejak lima tahun lalu. Namun, tahun ini Pusat Operasi Keamanan Nasional Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi meluncurkan layanan itu di tiga kota baru, yakni Madinah, Riyadh, dan Syargiyah.
 
Jadi, jika ada jamaah haji yang tersesat, mengalami gangguang medis, membutuhkan bantuan terkait arah jalan, atau kehilangan barang dan tidak tahu harus menghubungi siapa, maka kali ini mereka tidak perlu khawatir. Mereka tinggal mengambil handphonenya dan menghubungi nomor 911. Maka tim layanan call center 911 Saudi akan segera memberikan respons dan bantuan yang dibutuhkan.
 
Layanan ini disiapkan untuk melayani jamaah haji dari berbagai negara. Selain bahasa Arab, seperti diberitakan Arab News, Sabtu (27/7), layanan call center 911 ini juga melayani percakapan dalam banyak bahasa seperti bahasa Urdu, Jerman, Inggris, Perancis, dan Indonesia. (Red: Muchlishon)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG