IMG-LOGO
Nasional

Sekjen PBNU Sebut Tiga Teladan KH Maimoen Zubair


Jumat 9 Agustus 2019 05:00 WIB
Bagikan:
Sekjen PBNU Sebut Tiga Teladan KH Maimoen Zubair
Sekjen PBNU H A Helmy Fishal Zaini
Jakarta, NU Online
Sekretaris Jenderal PBNU H A Helmy Fishal Zaini menyebut setidaknya terdapat tiga teladan pada sosok KH Maimoen Zubair atau Mbah Maimoen, yaitu teladan ilmu, akhlak, dan hidup.

Pertama, teladan ilmu. Menurut Helmy, sekalipun Mbah Maimoen memiliki ilmu yang tinggi, tetapi masih terus belajar. Ketika bertemu dengan ulama lain, tidak jarang Mbah Maimoen mencium tangan ulama tersebut.

“Itu sebagai rasa tawadlu. Nah, ini kan sebagai pelajaran ilmu sebetulnya,” ucapnya.

Kedua, teladan akhlak. Ia mengatakan, siapapun yang berkunjung ke Mbah Maimoen akan diperlakukannya setara. Mbah Maimoen tidak membedakan antara tamu yang satu dan lainnya.

Bahkan, lanjutnya, tidak jarang Mbah Maimoen mengantar tamunya hingga ke luar dari rumahnya. Untuk itu, sambungnya, jika ada tamu yang tidak siap melihat pelayanan Mbah Maimoen, maka akan merasa dirinya sebagai orang pilihan.

“(Itu perlakuan yang sama) Pada siapa pun. Itu yang disebut dengan teladan akhlak,” ucapnya.

Ketiga, teladan hidup. Mbah Maimoen disebut sebagai sosok yang bersahaja dan menjalani kehidupan secara sederhana. Dalam pandangannya, Mbah Maimoen tengah mengajari cara menjalani kehidupan, khususnya bagi orang-orang yang hidup dengan penuh kemewahan. Menurutnya, siapapun yang melihatnya akan jatuh hati karena dalam diamnya saja memunculkan sebuah kearifan.

“Saya kira kata yang paling tepat adalah untuk Mbah Maimoen bahwa kebijaksanaan adalah puncak dari pengetahuan. Jadi, beliau seorang ilmu yang tinggi, tapi bijaksanaannya lebih didahulukan. Menurut saya, ini sebuah contoh yang agak jarang kita temukan,” ucapnya.

Baginya, ketiga teladan yang diperlihatkan Mbah Maimoen merupakan sebuah contoh yang sudah selayaknya untuk diikuti. 

“Maka untuk itu, kita berharap, beliau ini teladannya akan diikuti,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Helmy juga mengemukakan bahwa Mbah Maimoen termasuk ulama yang melihat umatnya dengan pandangan kasih sayang (ainur rahmah).

Selain Helmy, turut hadir menjadi pembicara, yaitu Wakil Pemred KomasMohammad Bakir, Ustadz Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah, Yenny Wahid, dan Romo Mudji Sutrisno. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG