IMG-LOGO
Daerah
HUT KE-74 RI

Upacara Bendera HUT RI, NU Kota Pekalongan Ingatkan Nahdliyin Jaga NKRI


Sabtu 17 Agustus 2019 21:00 WIB
Bagikan:
Upacara Bendera HUT RI, NU Kota Pekalongan Ingatkan Nahdliyin Jaga NKRI
null
Pekalongan, NU Online
Bertempat di halaman Gedung Aswaja Kota Pekalonga, Jalan Sriwijaya 2, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan memnggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8).
 
Ketua PCNU Kota Pekalongan Jawa Tengah, H Muhtarom berpesan kepada peserta upacara yang terdiri dari jajaran pengurus NU dari cabang, MWCNU hingga ranting, Badan otonom dan lembaga, agar menjaga betul keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR).
 
"Jaga dan pertahankan NKRI yang dilahirkan oleh Nahdlatul Ulama. Jangan sampai kita lengah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan memecah belah bangsa," tandasnya.
 
Dikatakan, Perjuangan NU dalam melahirkan NKRI, mesti tidak tercatat dalam buku sejarah, kita tidak perlu pesimistis. Pasalnya, tidak dicatatnya peran besar NU karena dilakukan secara sengaja dan masif.
 
"Meski tidak banyak penulis sejarah menceritakan peran NU dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia karena tekanan orde baru. Tetapi paling tidak, kita bisa merasakan nafas perjuangan para alim ulama yang berkumpul dalam wadah besar yakni Nahdlatul Ulama yang dilahirkan jauh sebelum Indonesia merdeka yakni tanggal 31 Januari 1926," tegasnya. 

"Kita patut bersyukur, kemerdekaan yang telah diperjuangkan para ulama dan kiai NU tidak hanya bisa dinikmati oleh warga NU saja, akan tetapi oleh segenap penduduk Indonesia yang berbeda suku, ras, agama, kelompok, dan golongan," imbuhnya.
 
Usai upacara, Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Pekalongan membagikan bingkisan kepada puluhan muadzin masjid dan mushala NU se Kota Pekalongan.
 
Ketua Pengurus Cabang LAZISNU Kota Pekalongan Abdul Basir kepada NU Onlline menjelaskan, kegiatan bagi-bagi bingkisan kepada muadzin merupakan bentuk kepedulian NU Kota Pekalongan kepada penyeru shalat lima waktu.
 
"Ini merupakan bentuk perhatian NU Kota Pekalongan melalui LAZISNU kepada muadzin di lingkungan masjid dan mushala NU," jelasnya.
 
Usai upacara dan ramah tamah peserta upacara mengikuti diskusi di Mushala SDI Nusantara sebelah Gedung Aswaja Pekalongan membahas tugas dan peranan Muadin dengan narasumber Ketua PCNU Kota Pekalongan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pekalongan H Slamet Irfan. (Muiz)   
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG