IMG-LOGO
Daerah
HUT KE-74 RI

Sema’an Al-Qur’an Mantab untuk Kemerdekaan Indonesia Lahir Batin


Sabtu 17 Agustus 2019 23:30 WIB
Bagikan:
Sema’an Al-Qur’an Mantab untuk Kemerdekaan Indonesia Lahir Batin
Upacara Bendera Merah Putih
Bogor, NU Online
Tepat pada Sabtu, 17 Agustus 2019, Majlis Sema’an Al-Qur’an Mantab dan Dzikrul Ghofilin menggelar kegiatan khatmil Qur’an yang bertemakan Sema’an untuk Kemerdekaan Indonesia Lahir Batin. Acara ini berlangsung di Padepokan Ngasah Roso Ayatirrahman, Jl. Tulang Kuning RT. 07 RW. 06 Desa Waru, Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
Acara Semaan Mantab dimulai Sabtu usai shalat Subuh – 22.00 WIB. Pada pagi cerah semaan al-Qur’an dihentikan sementara, karena 17 Agustus warga negara Indonesia disibukkan dengan acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan.
 
“Hari yang cerah ini terbesit akan ingatan jasa para pahlawan yang telah membela tanah air dhohir dan bathin demi kemerdekaan Republik ini,” kata Komandan Upacara Ahmad Khoiri Aziz kepada NU Online, Sabtu (17/8).
 
“Dan lewat sema’an mantab ini, kita berdo’a serta bermunajat kepada Allah swt semoga arwah para pahlawan kita diterima di sisi-Nya,” tambahnya.
 
Sementara Gus Kholis yang bertindak sebagai inspektur upacara mengingatkan pentingnya mengenang jasa para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan RI.
 
“Mari melihat ke belakang, mengingat kembali perjuangan ulama, para kiai yang telah memperjuangkan bangsa ini dari penjajah dengan semangat gotong-royongnya," terangnya.
 
Gus Kholis juga mengajak para santri meneladani para kiai dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan membangun akhlak yang mulia sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.
 
"Semua ini dimaksudkan semata-mata untuk mendapat ridha, maghfirah, dan rahmat Allah SWT agar negeri Indonesia lebih baik, menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” katanya.
 
Peringatan 17 Agustus di padepokan yang didirikan KH M Mustofa Abd Ghofur dan Lilik Ummi Kaltsum berlangsung cukup hikmat. Lengkap dengan petugas upacara mulai dari Inspektur upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ditambah lagu Ya Lal Wathon (Hubbul Wathan Minal Iman) karya KH Abdul Wahab Chasbullah, penghormatan bendera, amanat upacara, dan doa.
 
Acara Sema’an Mantab ini juga dihadiri KH. Burhan Jamil dari Ponpes Raudhatul Mujawwidin Rimbo Bujang Tebo Jambi, dan para hafidz-hafidzah (hufadz), tamu undangan, dan masyarakat sekitar. (M Najib Tsauri)
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG