IMG-LOGO
Daerah

Kemandirian Ekonomi Anggota Dibutuhkan untuk Tingkatkan Loyalitas  


Rabu 21 Agustus 2019 23:30 WIB
Bagikan:
Kemandirian Ekonomi Anggota Dibutuhkan untuk Tingkatkan Loyalitas  
Ktua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto
Jombang, NU Online 
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jombang, Jawa Timur H Zulfikar Damam Ikhwanto menekankan pentingnya kemandirian ekonomi di tubuh para kadernya melalui pengembangan potensi ekonomi yang ada.
 
"Kemandirian ekonomi ini dinilai penting untuk meningkatkan loyalitas para kader dalam menjalankan mandat organisasi. Kalau sudah selesai dengan urusan ekonominya, maka loyalitas dan royalitas untuk organisasi akan tercipta," katanya.
 
Kepada NU Online, Rabu (21/8), Zulfikar mengatakan, organisasi yang baik adalah organisasi yang mandiri dalam segala aspek. Organisasi yang demikian ini akan lebih cepat maju dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. 
 
"Dengan demikian, semua organisasi yang berinduk kepada NU, termasuk sejumlah badan otonomnya (Banom) sudah sepantasnya melangkah lebih jauh menciptakan kemandirian tersebut," tandasnya.
 
Untuk menuju ke sana, kata dia, yang paling utama dilakukan adalah mendorong kader atau pengurus organisasi untuk memiliki kemandirian dalam ekonomi. Setiap organisasi yang berlatar belakang NU khususnya sudah harus mampu memberikan ruang dalam mengembangkan potensi ekonomi para pengurusnya.
 
Jika hal itu tercipta, lanjut pria yang bisa disapa Gus Antok ini, maka loyalitas para pengurus untuk menjalankan program-program organisasi akan benar-benar maksimal. Dan tentu, imbuhnya, membuat organisasi kian maju dan bermanfaat untuk masyarakat.
 
"Karena kemandirian organisasi itu tergantung pada kemandirian personalia pengurusnya," jelas dia.
 
Ansor sendiri diakuinya sudah mulai bergerak menciptakan kemandirian tersebut. Ada beberapa usaha yang dimiliki pengurus untuk menunjang kemandirian ekonominya. Di antaranya Toko Galeri yang dimiliki Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Mojowarno, kemudian bengkel las serta Ansor Mart yang ditargetkan tersebar di setiap toko milik Pengurus Ansor.
 
"Insyaallah kemandirian yang kita rencanakan bisa terealisasikan dengan baik," ujar pria yang juga salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang ini.
 
Gus Antok menuturkan, kemandirian ini sebetulnya sudah digagas pada periode pertama kepemimpinannya. Menggagas ini menurut dia memang tidak mudah, harus bisa mengkaji berbagai potensi ekonomi para pengurus. Dan Ansor juga harus bisa menjembatani pengembangan potensi tersebut.
 
Ia berharap kemandirian tersebut bisa benar-benar terealisasi dengan baik pada periode kepemimpinannya yang kedua ini. Sejumlah unit usaha yang sebelumnya sudah dirintis dan dikelola para kader Ansor dharapkan dapat lebih berkembang.
 
Kontributor: Syamsul Arifin 
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG