IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Tahun Baru Hijirah; Istighotsah di Bojong Bogor, Pawai Santri Jatinegara Ciamis

Senin 2 September 2019 10:45 WIB
Tahun Baru Hijirah; Istighotsah di Bojong Bogor, Pawai Santri Jatinegara Ciamis
Ilustrasi
Jakarta, NU Online
Malam pergantian Tahun Baru Hijriah 1441 yang lalu disambut meriah oleh umat Islam di berbagai tempat. Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyambut 1 Muharram 1441 H dengan melaksanakan kegiatan lailatul ijtima mingguan yang dirangkai dengan istighotsah.
 
Kegiatan tersebut dipusatkan di Sekretariat NU Ranting Desa Bojong, Kampung Bojong Lebak, RT 2/RW 8, Jumat (30/8) mulai pukul 20.00 WIB dengan melibatkan para aktivis NU setempat.
 
Ketua Panitia Istigotsah Mingguan NU Ranting Desa Bojong, Jafar, kepada NU Online di Bogor, mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyambut pergantian tahun Islam dengan mendoakan keselamatan Nahdliyin dan bangsa Indonesia.
 
Selain itu, istighotsah juga dimaksudkan untuk mendoakan para masayikh, muassis NU, dan para ulama yang berjasa menyebarkan Islam di penjuru Nusantara.
 
"Istigotsah merupakan tradisi khas NU dalam membumikan ajaran Ahlusaunnah wal Jamaah Annahdliyah," ujar Jafar.
 
Dikemukakannya, kegiatan istighotsah mingguan NU Ranting Desa Bojong dilangsungkan sejak malam Sabtu (26/7), dan sudah berlangsung enam pekan.
 
Kegiatan istighotsah menjadi momentum yang tepat bagi para kader NU untuk melakukan pengenalan NU ke masyarakat, konsolidasi organisasi, dan membahas berbagai persoalan aktual desa.
 
Sementara itu, di Kecamatan Jatinegara, Ciamis, Jawa Barat, ribuan santri dan masyarakat Kecamatan Jatinagara ikut memeriahkan malam tahun baru Hijriah dengan Gebyar Tahun Baru Muharam pada Sabtu (31/8).
 
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, serta Banser NU Jatinagara. Hadir pula Asep Sutisna, Camat Jatinagara; TNI /Polri Muspika dan seluruh Kepala Desa dan masyarakat serta santri se-Kecamatan Jatinagara.
 
Ketua Panitia KH Afip Ismail Sualeman mengatakan penyelenggaraan kegiatan dimulai dengan pawai dari masing-masing desa menuju Lapangan Olahraga Indra Jaya Desa Jatinagara. Kemudian mereka mengikuti Tablig Akbar dengan pembicara mubaligh KH Nanang Qosim yang juga Ketua LDNU Kabupaten Bandung.
 
Beberapa pesantren yang telibat pada kegiatan ini adalah Miftahul Huda 2, Almushlihuun, Riyadul Hidayah, Syamsul Ulum, Sirojul Athfal Al-amin.
 
Red: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG